Tangkis Penahan Banjir Segera Dibangun, Warga Kalibuntu Bebas dari Rob

51

Kraksaan (WartaBromo.com) – Warga Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, bakal segera terbebas dari masalah banjir rob. Pemprov Jawa Timur telah melelang rencana pembangunan tangkis penahan banjir sepanjang 62 meter tersebut.

Pembangunan tangkis di Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan diperkirakan menghabiskan anggaran sebesar Rp 85 juta. Pembangunannya dilakukan di antara tangkis yang belum dibangun pada pengerjaan tahun lalu.

Dimana proyek tahun lalu, menyisakan pembangunan sepanjang 62 meter dengan tinggi 2,4 meter yang belum sempat dianggarkan sebelumnya.

“Tahun lalu tidak terkena pembangunan karena belum dianggarkan,” jelas Muhammad Fachru Syahroni, Koordinator Wilayah Probolinggo pada UPT PSDA Jawa Timur WS Welang Pekalen Pasuruan, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga :   Pelabuhan Tanjung Tembaga Diproyeksi Susul Tanjung Perak

Tangkis penahan banjir ini merupakan upaya untuk mengatasi banjir rob yang melanda daerah tersebut. Pembangunan dijadwalkan mulai sekitar bulan Juni hingga Juli, dengan target pengerjaan selama 60 hingga 90 hari.

Ronny, begitu ia disapa, menjelaskan bahwa banjir rob sebelumnya dipicu oleh kerusakan tangkis sementara yang dibangun oleh pihaknya. Dengan adanya tangkis baru ini, diharapkan masalah banjir rob dapat teratasi dengan baik.

“Setelah nanti pengerjaan selesai, Insyaallah sudah aman. Artinya air tidak akan meluap kembali,” tambah Ronny.

Dengan selesainya pembangunan ini, warga Desa Kalibuntu diharapkan dapat menjalani kehidupan sehari-hari tanpa khawatir akan ancaman banjir rob yang selama ini mengganggu aktivitas mereka. (aly/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.