Jaksa Agung Ganti Dua Kepala Kejaksaan Negeri di Probolinggo

4358

Probolinggo (WartaBromo.com) – Dua Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) di Probolinggo diganti oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin. Keputusan itu tertuang dalam surat keputusan nomor KEP-IV-523/C/05/2024 tertanggal 21 Mei 2024.

Kajari Kabupaten Probolinggo kini dijabat oleh Ahmad Nuril Alam, yang sebelumnya memegang posisi sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim.

Ahmad menggantikan David Palapa Duarsa yang telah mengemban jabatan sejak Juli 2021, menggantikan Adhryansah.

David mendapatkan promosi sebagai Asisten Intelijen pada Kejaksaan Tinggi Bengkulu. Sebelum bertugas di Probolinggo, David menjabat sebagai Kajari Tanggamus Lampung.

Di sisi lain, jabatan Kajari Kota Probolinggo beralih kepada Dodik Hermawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Dharmasraya.

Baca Juga :   Remaja Kraksaan Curi Motor Juragan Tembakau, Majikannya

Ia menggantikan Abdul Mubin yang kini dipromosikan sebagai Asisten Tindak Pidana Khusus pada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan.

Abdul Mubin telah menjabat sebagai Kajari Kota Probolinggo sejak Februari 2023, menggantikan Hartono. Sebelumnya, Abdul Mubin juga pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Dharmasraya.

Rotasi ini merupakan bagian dari mutasi yang lebih luas yang dilakukan oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin, mencakup 14 jabatan Kajari di kabupaten/kota di Jawa Timur. Berikut daftar pejabat yang ditunjuk:

Kejari Tulungagung: Tri Sutrisno menggantikan Ahmad Muchlis. Kejari Jember: Ichwan Effendi menggantikan I Nyoman Sucitrawan.
Kejari Kota Pasuruan: Douglas Pamino Nainggolan menggantikan Dr. Maryadi Idham Khalid. Kejari Kabupaten Pasuruan: Teguh Ananto menggantikan Dr. Abdi Reza Fachlewi Junus.
Kejari Blitar: Baringin menggantikan Agus Kurniawan. Kejari Kota Malang: Tri Joko menggantikan Rudy Hartawan Manurung.
Kejari Ngawi: Susanto Gani menggantikan Budi Raharjo. Kejari Ponorogo: Dr. Teuku Herizal menggantikan Rindang Onasis.
Kejari Sampang: Fadilah menggantikan Budi Hartono. Kejari Lamongan: Rizal Edison menggantikan Dyah Ambarwati.
Kejari Kabupaten Kediri: Pradhana Probo Setyarjo menggantikan Chandra Eka Yustisia. Kejari Sumenep: Sigit Waseso menggantikan Trimo.

Baca Juga :   Berani! Maling Motor Beraksi di Pusat Kota Terekam CCTV

Selain rotasi kepala kejaksaan negeri, terdapat pula pergantian pada sejumlah posisi lainnya di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Mutasi dan promosi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan efektivitas dalam penegakan hukum di wilayah masing-masing. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.