Api Belum Padam, Upaya Pemadaman di Bromo Terus Dilakukan

65

Tosari (WartaBromo.com) – Petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terus berupaya memadamkan api yang membakar lahan di kawasan Gunung Bromo. Saat ini, terdapat sekitar 15 personel TNBTS yang dikerahkan untuk memadamkan api.

“Untuk sementara pemadaman dilakukan oleh pihak TNBTS sendiri, kemarin lebih kurang 15 personil TNBTS,” ujar Hendi Candra Wijaya, Camat Tosari pada Kamis (20/6/2024).

Hendi menjelaskan, jika api masih belum dapat dipadamkan dengan personel TNBTS, maka pihaknya akan berkolaborasi dengan pemerintah desa untuk mengerahkan warganya membantu proses pemadaman.

“Kalau nanti masih belum teratasi maka kami akan berkolaborasi dengan pemerintah desa untuk mengerahkan warganya,” imbuhnya.

Kebakaran lahan di kawasan Gunung Bromo terjadi sejak Rabu (19/6/2024) kemarin. Api telah membakar lahan konservasi tepat di Dusun Kandang sari, Desa Mororejo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga :   Menikmati Eksotika "Negeri di Atas Awan" Senduro Lumajang

Upaya pemadaman api dipersulit oleh medan yang terjal dan angin kencang. Petugas harus bekerja ekstra keras untuk memadamkan api agar tidak semakin meluas.

“Semoga sudah padam, karena kan biasanya hujan siang atau sore,” tuturnya. (don/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.