Makanan-makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan, Bisa Jadi Racun!

94

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi sebagian orang memanaskan makanan menjadi salah satu alternatif memasak paling cepat yang banyak dilakukan sebagian orang. Padahal ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan karena bisa jadi racun dalam tubuh.

Dilansir dari halodoc.com, memanaskan kembali beberapa makanan tertentu justru dapat membuat seseorang berisiko keracunan makanan atau mengalami beberapa masalah kesehatan.

“Inilah aturan utama dalam memanaskan kembali makanan. Jangan pernah memanaskan kembali makanan berprotein tinggi,” kata ahli gizi dari Weight Loss Clinic, Delhi, India, Lokendra Tomar.

Lantas, makanan apa saja yang tidak boleh dipanaskan?

1. Sayuran dengan Kandungan Nitrat Tinggi

Salah satu jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan secara berulang adalah sayuran dengan kandungan nitrat tinggi. Beberapa sayuran yang mengandung nitrat tinggi antara lain bayam atau sayuran berdaun hijau, wortel, lobak, dan seledri.

Sebisa mungkin, hindarilah memanaskan kembali makanan yang terbuat dari sayuran-sayuran tersebut. Hal ini dikarenakan sayuran kaya nitrat yang dipanaskan kembali dapat berubah menjadi racun dan melepaskan sifat karsinogenik yang umumnya bersifat kanker.

2. Nasi

Makanan lain yang sebaiknya tidak dipanaskan kembali adalah nasi. Menurut Food Standards Agency (FSA), memanaskan nasi yang sudah matang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Hal ini disebabkan oleh bakteri yang sangat resisten yang disebut Bacillus cereus. Meskipun panas dapat membunuh bakteri ini, spora yang dihasilkan tetap bersifat racun.

3. Telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan protein. Namun, telur matang atau telur rebus dapat menimbulkan bahaya serius jika dipanaskan berulang kali. Telur yang sudah matang sebaiknya segera dimakan.

Jika disimpan lebih lama, jangan dipanaskan kembali, melainkan dapat dimakan dalam keadaan dingin. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan nitrogen pada makanan berprotein tinggi. (jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.