Pejabat Publik dan 3.000 Nakes di Lumajang Divaksin Covid-19

946

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 secara serentak pada Kamis (28/01/2021). Sejumlah pejabat publik divaksin di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang.

“Kita semua yang mengawali vaksin Covid-19 pada prinsipnya siap untuk divaksin, nanti ada proses screaning, nanti itu yang menentukan tahapan vaksinasi selanjutnya layak atau tidak dilakukan vaksinasi,” kata Thoriqul Haq, Bupati Lumajang.

Di Lumajang sendiri yang dilakukan vaksinasi yakni dari Forkopimda dan tokoh masyarakat. Di antaranya Dandim 0821 Lumajang, Ketua DPRD Kab Lumajang, Plt. Ka Kemenag, Ketua PCNU Lumajang. Menyusul kemudian 3.000 tenaga kesehatan.

“Tahap pertama ini 3.000 dosis untuk tenaga kesehatan. Semestinya 3.892, sehingga vaksin kurang, sisanya akan dikirim pada tahap berikutnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, dr. Bayu Wibowo.

Baca Juga :   Polsek Pasirian Amankan 5 Truk Pengangkut Pasir Ilegal

Dokter Bayu menambahkan 180 nakes telah dilatih untuk menjadi vaksinator. Pemberian vaksin dilakukan di 25 rumah sakit dan 7 puskesmas di Lumajang.

Sekadar diketahui, Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tidak bisa mengikuti vaksinasi. Cak Thoriq merupakan penyintas Covid-19, sementara Bunda Indah memiliki penyakit bawaan atau komorbid. (rul/may/ono)