Wali Kota Pasuruan Disuntik Vaksin Covid-19

456

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap pertama di Kota Pasuruan sudah dimulai. Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, menjadi warga Kota Pasuruan pertama yang divaksin covid-19.

Vaksinasi tahap pertama ini dilaksanakan di ruang rapat Untung Soeropati, Pemerintah Kota Pasuruan, pada Kamis (28/01/2021) pagi pukul 09.00 WIB.

Tak hanya Teno, vaksin juga diberikan kepada 10 pimpinan daerah di antaranya Ketua DPRD Kota Pasuruan, Kapolres Pasuruan Kota, Ketua MUI Kota Pasuruan, Ketua PCNU Kota Pasuruan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan.

Mereka secara bergantian menjalani prosedur screening kesehatan di sejumlah meja yang telah disediakan, sebelum kemudian disuntik vaksin oleh petugas kesehatan.

Usai disuntik vaksin, Teno mengimbau kepada masyarakat agar tidak takut disuntik vaksin covid-19. Sebab, vaksinasi ini secara tidak langsung dapat menekan angka penularan virus corona.

“Kalau ditanya rasanya, tidak ada rasanya. Cuma clekit, begitu saja,” kata Teno kepada WartaBromo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, Shierly Marlena mengatakan, penyuntikan vaksin ini akan dilakukan dua kali. Selama jangka waktu tersebut, dijelaskan Shierly, tak ada pantangan apapun yang harus dilakukan.

Untuk efek samping yang mungkin timbul setelah disuntik vaksin, menurut Shierly, hanya nyeri dan badan lemas. Namun itu pun hanya terjadi 0,1 sampai 1 persen dari jumlah kasus yang dilakukan vaksinasi.

“Jadi tidak perlu khawatir. Vaksinasi ini dipastikan aman dan setelah divaksin tetap patuh protokol kesehatan,” kata Shierly. (tof/ono)

Simak videonya: