Tempat Wisata di Pasuruan yang Cocok Dikunjungi saat Lebaran

242

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kabupaten maupun Kota Pasuruan mempunyai banyak objek wisata yang wajib dikunjungi keluarga saat libur lebaran 2023 ini. Selain banyak wisata alam, ada juga wisata religi bernuansa Madinah yang wajib dikunjungi.

1. Wisata Gunung Bromo

Objek wisata alam Gunung Bromo di Pasuruan banyak dikunjungi wisatawan. Seperi Bukit Kingkong, Bukit Kingkong telah menjadi salah satu tempat yang sering digunakan untuk melihat kecantikan sunrise di Bromo. Tempatnya tidak jauh dari penanjakan 1, jaraknya sekitar 2,5 km.

Meskipun menjadi alternatif untuk melihat sunrise, namun tempat ini begitu populer di kalangan wisatawan. Sehingga untuk bisa menyaksikan keindahan sunrise Anda harus rela berdesakan dengan wisatawan lain yang sama-sama ingin menyaksikannya dari bukit ini.

2. Wisata Mangrove Nguling

Nah, wisata alam hutan mangrove kali ini bisa di temui di timur daerah Pasuruan. Terletak di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, wisata keluarga satu ini menyuguhkan pemandangan yang sangat asri dan sejuk.

Baca Juga :   Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 1444 H Jatuh Pada Hari Jumat, Pemerintah Masih Tunggu Sidang Isbat

Bagaimana tidak, hampir 1.830.000 pohon mangrove berada di kawasan wisata pesisir tersebut. Beberapa spot foto juga disediakan di tempat wisata alam tersebut.

3. Pemandian Alam Banyubiru

Objek wisata satu ini konon dipercaya dapat membuat kita awet muda. Hal itu bisa terlihat saat pemandian tersebut selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal. Berada di Desa Sumberejo Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, wisata alam ini banyak menyuguhkan panorama alam yang segar dan asri.

Salah satunya yakni, sensari air sumber yang segar dan bening bisa membuat para wisatawan betah untuk berendam. Ada juga ikan-ikan yang berada dalam kolam menambah keseruan saat pengunjung berenang.

4. Payung Madinah Kota Pasuruan

Baca Juga :   Warga Net Ramai-ramai Mencuit #THRBelumTerlihat hingga Trending 1 Twitter

Objek wisata baru ini terletak di pusat Kota Pasuruan. Enam payung raksasa itu berada di depan Masjid Jamik, Al-Anwar atau di kawasan Alun-alun Kota Pasuruan.

Meski belum diresmikan, tempat tersebut adalah wisata religi yang disulap menjadi replika kawasan Madinah. Buka-tutup payung Madinah di Alun-alun Kota Pasuruan itu memang terjadwal. Jam buka payung tersebut yakni mulai pukul 8 pagi sampai 3 sore.

5. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi berada di Jalan Raya Surabaya – Malang KM 65, Purwodadi. Tempat menawarkan suasana alam yang asri, cocok untuk berwisata bersama keluarga.

Kebun Raya Purwodadi memiliki luas kurang lebih 85 hektar. Kebun ini memiliki lebih dari 10.000 koleksi jenis tumbuhan.

6. Taman Safari Indonesia Prigen

Taman Safari Prigen adalah salah satu destinasi wisata populer di Jawa Timur yang cocok dikunjungi oleh rombongan keluarga. Kebun binatang yang berlokasi di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan atau di lereng gunung arjuno ini memiliki koleksi satwa yang lengkap.

Baca Juga :   Simak! Ini Peta Rekayasa di Jika Terjebak Macet di Jalur Wisata Pandaan

Berada di lahan seluas 350 hektare membuat pengunjung dapat menjelajahi alamnya menggunakan kendaraan sambil melihat sekitar 300 spesies satwa yang tersedia.

7. Cimory Dairyland

Objek wisata di Prigen ini menawarkan berbagai wahana, antara lain Museum Susu, Dairyland, Museum Lukisan Lucu dan wahana yang baru diluncurkan Taman Kincir Angin.

Di Museum Susu pengunjung bisa belajar banyak hal terkait pengolahan susu menjadi yogurt. Sementara pengunjung yang hobi fotografi bisa masuk ke Museum Lukisan Lucu yang mana terdapat aneka lukisan 3 dimensi sebagai spot foto yang keren dan unik. (don/yog)