Pesawat Jatuh di Probolinggo (HOAX)

4791

Probolinggo (wartabromo.com) – Info perihal jatuhnya pesawat latih terbang, tersebar di sejumlah grup facebook. Sayang info itu hanyalah bohong semata alias Hoax.

Info tersebut banyak diunggah oleh beberapa Netizen di akun facebook, baik di beranda meraka masing-masing maupun di group facebook. Seperti grup Info Lalulintas dan Kriminal Probolinggo (ILK Pro) dan grup Info Kriminal dan Lalulintas (Nusantara). Riibuan komentar dari netizen menanggapi kabar itu.

Dalam postingan sejumlah akun facebook itu disebutkan, lokasi jatuhnya pesawat ada di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan. Ada juga yang menyebut di Desa Prasi Kecamatan Gading; juga di Desa Matekan, Kecamatan Besuk. Bahkan, ada yang bilang di daerah Kecamatan Paiton dan Kecamatan Maron.

Baca Juga :   Unik! Emak-emak di Kota Probolinggo Lomba Kupas Bawang

Informasi di platform media sosial itu, tentu saja membuat kalang kabut aparat pemerintah. Baik Polres Probolinggo maupun Kodim 0820 Probolinggo. Sumber daya kedua instansi ini dikerahkan untuk mencari dan menelusuri kabar tersebut.

“Gak ada itu, gak bener. Sampai saat ini tidak ada laporan tentang pesawat jatuh. Hoaks itu,” tepis Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad.

Kapolres menuturkan, pihaknya belum mengambil langkah lanjutan terhadap penyebar berita bohong itu. Oleh karenanya, ia menghimbau kepada masyarakat, utamanya warganet untuk selektif menyebar atau menggugah sebuah foto dan peristiwa.

“Kita belum mengambil langkah lanjutan, kita lihat perkembangan selanjutnya. Saya berharap masyarakat tidak sembarangan untuk membuat informasi yang tidak akurat,” kata Fadly Samad. (saw/saw)