Kopi Sehat, Kopi Anggur Anti Kanker

720

Pandaan (wartabromo) – Buah anggur selain enak dimakan karena memiliki cita rasa yang khas,  ternyata juga bisa diolah dan dimanfaatkan menjadi minuman kopi yang sehat dan anti kanker.

Di Pasuruan Jawa timur, berkat tangan dan pikiran kreatifnya, Sri astuti (35) warga Petungasri Kecamatan Pandan, Pasuruan, mampu mengolah kulit anggur menjadi bahan dasar pembuat kopi yang sudah bisa dipasarkan ke berbagai daerah di Jawa Timur.

Bermodalkan kebun anggur disamping rumahnya, Sri astuti yang sebelumnya bekerja sebagai pegawai swasta di sebuah perusahaan terkenal tersebut mulai mencoba membuat kopi anggur dari sisa kulit anggur yang  diambil airnya menggunakan alat khusus.

Alat tersebut dibuat dengan rancangan sendiri oleh suaminya untuk memudahkan pengambilan sari anggur guna memisahkan kulit dengan sisa perasan.

Kulit yang sudah tak berisi kemudian dijemur di terik matahari untuk digunakan sebagai bahan dasar kopi ketika sudah benar-benar kering.

Selanjutnya kulit anggur yang sudah kering disangrai atau digoreng tanpa minyak seperti layaknya biji kopi pada umumnya. Pada tahapan ini Sri Astuti mewanti-wanti agar benar-benar diperhatikan supaya tidak sampai terlalu gosong.

Usai disangrai, kulit anggur tersebut bisa digiling menggunakan penggiling biji kopi pada umumnya agar bisa menjadikannya bubuk kopi anggur yang halus dan siap seduh.

Menurut Sri Astuti, ide awal pembuatan kopi anggur tersebut muncul akibat imej anggur yang cenderung negatif di mata masyarakat serta identik pada minuman keras.

“Seringkali minuman anggur dipandang sebagai minuman keras, makanya saya ingin mengubah pandangan tersebut,” ujarnya.

Selain itu ketakutan sebagian penikmat kopi akan kandungan caffein dalam kopi murni yang seringkali membuat kecanduan orang yang meminumnya membuatnya makin tertantang untuk menciptakan terobosan baru dengan membuat kopi berbahan anggur.

Kandungan antioksidan tinggi yang ada di dalam buah anggur juga sangat dipercaya mampu menjadi obat anti kanker.

“Banyak juga yang menyukai kopi anggur karena rasanya enak,” ujar Sri Astuti setengah promosi.

Tidak hanya kopi anggur, Sri astuti juga telah berhasil membuat teh celup anggur, kripik anggur dan pia rasa anggur. (yog/yog)