Haul Ke-30 KH Abdul Hamid Pasuruan, Pendapa Kabupaten Diserbu Jama’ah

576


Pasuruan (wartabromo)– Ratusan warga dan santri dari berbagai daerah hari ini mulai berdatangan untuk mengikuti acara Haul ke-30 KH Abdul Hamid dan Haul ke-21 Hj. Nafisah Hamid yang akan digelar besok, Kamis (2/1/2012).

Hingga sore ini, ratusan Jama’ah tersebut mulai berkumpul dan memadati alun-alun Kota Pasuruan serta sejumlah tempat penginapan yang telah disiapkan oleh panitia Haul ke-30 KH Abdul Hamid.

Salah satu tempat penginapan yang kini diserbu oleh para santri dan jama’ah yakni Kantor Pendapa Kabupaten yang terletak di sisi utara alun-alun Kota Pasuruan.

Menurut salah seorang panitia bagian akomodasi, Sofyan (27) hingga pukul 16.30 Wib sore ini, sebanyak 150 orang jama’ah sudah mendaftarkan diri untuk menginap di Pendapa “Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti” Kabupaten Pasuruan.

“Mereka rata-rata dari Banyuwangi, Ponorogo dan Jember,” Ujar Sofyan.

Lebih lanjut Sofyan menjelaskan ada sejumlah penginapan yang biasa digunakan oleh para jama’ah Haul yang ingin bermalam, diantaranya Kantor Pendapa Kabupaten Pasuruan, Masjid Jami’ Al Anwar Kota Pasuruan serta beberapa rumah warga di Perempatan penjara kota dan juga di sekitar lokasi Ponpes.
“Ada petugas bagian akomodasi yang siap menerima para jama’ah di tempat-tempat tersebut, ” tambah sofyan yang mengaku per pos akan ditempati oleh 4 orang petugas.

Dari pantauan di lapangan, para peserta Haul ke 30 KH Abdul Hamid tersebut selain menggunakan jalur darat, beberapa diantaranya  juga melewati jalur laut yakni selat madura  dan berakhir di Pelabuhan Kota Pasuruan. (yog/yog)