Banjir Di Pasuruan Meluas, 2 Rumah Warga Rusak

195

Nguling (wartabromo) – Banjir yang sebelumnya menerjang tiga desa di Kecamatan Nguling, Pasuruan yakni Desa Mlaten, Nguling dan Penunggul kini meluas hingga ke tiga kecamatan lainnya yakni Grati, Rejoso dan Winongan, warga pun juga mengalami nasib serupa yakni mengungsi ke tempat-tempat yang lebih tinggi. Selain itu, dikabarkan dua rumah milik warga rusak diterjang banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko menjelaskan, selain Kecamatan Nguling, Kecamatan Grati yakni Desa Kedawung Wetan dan Kulon, Kecamatan Rejoso yakni Toyaning serta Kecamatan Winongan yakni Winongan Lor dan Kidul kini juga mulai tergenang air banjir.

Ketinggian air di tiga kecamatan tersebut mencapai hingga satu meter sehingga warga setempat juga terpaksa mengungsi ke rumah tetangga terdekat yang lebih tinggi.

“Ada dua rumah warga di Desa Mlaten yang rusak,” ujarnya saat dihubungi wartabromo melalui ponselnya, Sabtu (10/3/2012) dini hari.

Lebih lanjut Yudha yang saat dihubungi berada di lokasi menjelaskan, pihaknya hingga kini masih terus memantau perkembangan banjir yang menimpa warga di empat kecamatan tersebut.

“Sekarang saya dan anggota masih di Kedawung, ” tambah Yudha.

Hujan yang terus menerus mengguyur sejumlah wilayah di Pasuruan mengakibatkan banjir hingga setinggi satu meter tersebut menggenangi pemukiman warga menyusul meluapnya sungai Lawean dan sungai Rejoso yang melintas di daerah setempat.

“Hingga kini warga masih mengungsi ke rumah warga lainnya yang lebih tinggi,” pungkasnya.(yog/yog)