Banjir Terjang 3 Desa Di Pasuruan, Warga Mengungsi

125

Nguling (wartabromo) – Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah pegunungan sejak Jum’at (9/3/2012) sore mengakibatkan banjir melanda pemukiman warga di sejumlah desa di Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan wartabromo, sejak sekitar pukul 18.30 wib air meluber hingga ke pemukiman warga di tiga desa yakni Desa Mlaten, Nguling serta Penunggul. Hal ini mengakibatkan puluhan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi seperti jalan-jalan desa.

“Air masuk ke rumah-rumah sehingga warga terpaksa mengungsi,” ujar Mulyono, salah seorang warga saat dihubungi wartabromo, Jum’at (9/3/2012).

Lebih lanjut Mulyono menuturkan, kondisi terparah terjadi di Desa Penunggul dengan ketinggian air mencapai hingga 60 sampai 70 centimeter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko saat dihubungi wartabromo membenarkan terjadinya peristiwa banjir tersebut.

Menurutnya, saat ini pihaknya sudah menerjunkan perahu karet untuk membantu warga yang rumahnya terendam banjir dengan menyisir sejumlah lokasi di daerah setempat.

“Banjir diakibatkan oleh melubarnya sungai Lawean mas,” ujar Yudha. (yog/yog)