Mantab! Pasuruan Raih 7 Penghargaan Lingkungan Hidup

350
Foto : Ilustrasi/nithyananda.org

Pasuruan (wartabromo) – 7 penghargaan bidang lingkungan hidup diantaranya 5 Adiwiyata, Adipura dan Kalpataru akhirnya berhasil diterima oleh Kabupaten Pasuruan.

4 penghargaan Adiwiyata masing-masing diterima oleh SDN 1 Nongkojajar Kecamatan Tutur, SMPN 1 RSBI Pandaan, SMPN Gondangwetan dan SMAN Gondangwetan. Sementara, Penghargaan Adiwiyata Mandiri diterima kembali oleh SMA 1 Grati untuk ketiga kalinya.

Koperasi Peternak Sapi Perah (KPSP) ‘Setia Kawan’ Desa Wonosari, Kecamatan Tutur berhasil mendapatkan penghargaan Kalpataru kategori Kelompok Penyelamat Lingkungan.

KPSP ‘Setia Kawan’ dinyatakan berhasil mengelolah limbah kotoran sapi perah yang populasinya mencapai 17.765 ekor menjadi biogas yang bisa dimanfaatkan oleh ribuan rumah tangga dengan membangun 883 unit biogas.

Sementara kategori Kota Kecil Bersih, Kecamatan Bangil akhirnya berhasil menyabet piala Adipura pada tahun ini.

Bupati Pasuruan Dade Angga mengatakan, pihaknya dan sejumlah pejabat terkait akan ke Jakarta untuk menerima langsung penghargaan dari Presiden besok, Selasa (5/6/2012) besok bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup.

“Besok kita bersama pejabat terkait akan menerima penghargaan tersebut di Jakarta,” ujar Dade Angga tersenyum bangga saat ditemui sejumlah wartawan.

Rencananya, rombongan akan kembali ke Pasuruan dan akan mengarak piala penghargaan tersebut sebagai apresiasi kebanggaan warga Pasuruan. (fyd/yog)