NU Siap Satukan Kadernya untuk Jadi Bupati

239
Bersatu - Anwar Sadad, Irsyad Yusuf dan Mujib Imron saling bergengaman tangan usai mengikuti kegiatan orasi budaya di Kantor PCNU Kabupaten Pasuruan, Rabu (6/6/2012)

Pohjentrek (wartabromo) – Rencana majunya sejumlah kader dan tokoh NU dalam bursa pencalonan Bupati Pasuruan dalam Pilkada 2013 mendatang memunculkan keinginan para kyai dan pengurus NU untuk menyatukan langkah dengan memilih dan memilah kader NU terbaik yang layak mewakili suara nahdliyin dalam pilkada 2013 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Shonhaji Abdussomad seusai kegiatan orasi budaya bersama D Zawawi Imron di Aula Graha NU Kabupaten Pasuruan, Rabu (6/6/2012).

Menurutnya, Nahdlatul Ulama secara khusus memang tidak akan mengeluarkan rekomendasi terhadap warga nahdliyin untuk menentukan pilihannya. Namun, dari hasil pembicaraan yang dilakukan oleh sejumlah tokoh dan kyai, paling tidak ada satu wakil yang bisa dimunculkan oleh NU.

“Ya, itu hanya harapan kyai-kyai saja, bisa nggak hal itu terjadi. Satu pasangan dari NU kalo bisa,” ujarnya pada sejumlah wartawan.

Ditambahkan oleh Gus Shon, saat ini memang belum masuk tahapan pilkada Kabupaten Pasuruan sehingga belum diketahui secara pasti siapa saja kader NU yang akan disatukan tersebut. Meski begitu, niatan tersebut sudah disampaikan oleh para tokoh dan masyayik di lingkungan PCNU Kabupaten Pasuruan.

“Saat ini mereka masih bersosialisasi dan belum masuk proses pendaftaran,” tambahnya.

Sebelumnya, sejumlah tokoh dan kader NU yang dipastikan maju dalam bursa pencalonan Bupati Pasuruan muncul secara bersamaan dalam sebuah kegiatan orasi budaya di Kantor NU, Rabu (6/6/2012). Mereka adalah KH Achmad Mujib Imron (Mantan Ketua Tandfiziah PCNU Kabupaten Pasuruan, sekarang Ketua PC Ma’arif NU ), Irsyad Yusuf (Mantan Ketua IPNU Kabupaten Pasuruan) dan Anwar Sadad (Mantan Sekretaris PCNU Kab. Pasuruan)

“Ini kan rumah bersama dan kebetulan mau nyalon,” katanya menanggapi kedatangan ketiga kader NU tersebut. (yog/yog)