Kapal Terdampar di Lekok, 28 Imigran Diamankan

199
Terdampar- sebuah kapal barang yang mengangkut puluhan imigran terdampar di pesisir pantai Lekok, Pasuruan, Jum'at (8/6/2012)

Lekok (wartabromo)– Sebuah Kapal barang asing terdampar di Perairan Semedusari, Lekok, Pasuruan, Jum’at (8/6/2012). Kapal tersebut berpenumpang puluhan imigran asal Timur Tengah yang diduga hendak berlayar menuju australia. Sebanyak 13 orang penumpang dievakuasi dan diamankan warga ke Polsek Lekok, Pasuruan.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 14.30 Wib tersebut membuat Warga pesisir Semedusari terkejut dengan keberadaa  puluhan orang asing yang turun dari kapal barang yang terdampar tersebut.

Sejumlah warga langsung berusaha menolong dan mengantarkan mereka ke jalan raya dan pemukiman warga. Namun, karena warga menaruh curiga, sebagian orang asing yang diduga imigran gelap tersebut dibawa ke Polsek lekok untuk diamankan.

“Saya sempat membantu proses evakuasi, mengantarkan dan diberi upah ” ujar Ali Mundzir, Salah seorang warga.

Puluhan imigran yang yang berhasil diamankan di Polsek Lekok tersebut berjumlah 13 orang, sementara 14 orang lainnya berhasil diamankan di Polsek Nguling dan Grati.

“Jumlah keseluruhan, diduga sebanyak 53 orang,” ujar AKP Ainul Yakin, Kapolsek Lekok.

Hingga saat ini polisi masih melakukan pengejaran pada imigran lain yang diduga masih berkeliaran paska terdamparnya kapal barang yang mengangkutnya.

“Kita masih mencari yang lain,” tambahnya.

Selanjutnya, sejumlah imigran yang berhasil diamankan, dievakuasi oleh petugas Polres Pasuruan bersama Satpol PP menuju kantor imigrasi di Malang untuk dilakukan pendataan. (yog/yog)