Tukang Becak dan Ojek ‘Berpesta’ di Mapolres Pasuruan

236
Zigzag - Para tukang becak beradu cepat menaklukan patok yang dipasang sejajar, Sabtu (23/6/2012). Foto: M Athuf.

Bangil (wartabromo) – Sebanyak 60 tukang becak dan ojek unjuk ketangkasan di depan Mapolres Pasuruan. Mereka beradu cepat memacu dan beradu kelihaian mengemudikan ‘tunggannya’. Diliputan gelak tawa dan keceriaan, mereka ‘berpesta’ menyemarakan HUT Bayangkara.

Lomba ketangkasan becak dan ojek yang digelar dalam rangka HUT Bayangkara ke-66 ini diikuti sebanyak 30 tukang becak dan 30 tukang becak. Mereka mewakili 24 empat kecamatan dan 6 Poslantas yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Pantauan wartabromo.com, tampak ke-30 tukang becak sangat antusias dan semangat mengikuti perlombaan. Mereka beradu cepat berjalan zig-zag melewati patok-patok plastik yang dipasang sejajar. Siapapun yang mencatatkan waktu paling cepat tanpa merobohkan patok, dialah yang menjadi pemenang.

Pun demikian dengan 30 tukang ojek. Mereka beradu cepat melewati patok-patok plastik. Yang tercepat dan tidak merobohkan patok, dialah yang berhak menjadi pemenang.

“Pemenang lomba ketangkasan ini akan mendapatkan seekor kambing,” kata Kapolres Pasuruan AKBP Achmad Ibrahim, Sabtu (23/6/2012) sore.

Sebelum lomba dimulai, para tukang becak dan ojek mendapat pelatihan dan pendidikan disiplin lalu lintas. Pelatihan dan pendidikan dimaksudkan agar para tukang becak dan ojek lebih disiplin di jalan raya. Diharapkan mereka lebih menghargai keselamatan dirinya dan orang lain saat berada di jalan raya.

“Mereka juga mendapat pelatihan dan pendidikan tertib lalu lintas, agar bisa lebih disiplin di jalan raya,” jelas Achmad Ibrahim.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga sempat menjajal arena perlombaan dengan mengendarai becak. Meskipun tidak selihai dan secepat para tukang becak, arena perlombaan bisa ditaklukan tanpa merobohkan satupun patok. (fyd/fyd)