Sekolah Penerima Adiwiyata Mandiri Gelar MOS Bertema Lingkungan

363
MOS Lingkungan - Ratusan siswa baru sedang mengikuti kegiatan MOS bertema lingkungan di SMAN 1 Grati, Pasuruan, Senin (9/7/2012)

Grati (wartabromo) – Tidak seperti biasanya, ada pemandangan berbeda di SMAN 1 Grati, pada Senin (9/7/2012) hari ini. Pasalnya, ratusan siswa berseragam putih biru yang berasal dari berbagai Mts maupun SMP di Grati tampak sibuk merapikan pakaiannya yang terbuat dari sisa limbah bekas seperi kardus dan bahan limbah lainnya.

Ya, para siswa baru tersebut sedang sibuk mengikuti kegiatan Masa Orientasi siswa (MOS) di sekolah barunya yakni SMAN 1 Grati yang dilaksanakan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) setempat.

Tak seperti sekolah lainnya, sebagai satu-satunya sekolah di Pasuruan yang berhasil menerima Adiwiyata Mandiri Nasional pada tahun 2012, Panitia pelaksana MOS tahun ajaran 2012-2013 sengaja mengambil tema lingkungan sebagai pengenalan sekolah bagi para siswa baru.

Berdasarkan pengamatan wartabromo, terlihat para peserta MOS mengenakan atribut yang terbuat dari limbah kertas yang sudah tak terpakai untuk digunakan sebagai topi, tas, dasi dan lain-lain dengan kreasi pernak-perniknya.

Menurut Ketua OSIS SMAN 1 Grati, Saiful Rijal, dengan tema lingkungan tersebut diharapkan siswa dapat bertambah wawasan untuk mengenal lingkungan sekitarnya sejak dini terutama dalam upaya mewujudkan sekolah yang bersih dan indah.

“Adik-adik kami yang baru biar semakin paham tentang arti penting kepedulian lingkungan di sekolah,” ujar Saiful Rijal.

Dijelaskannya, selain pemakaian atribut sekolah berbahan limbah, siswa baru juga mendapatkan ceramah tentang arti penting lingkungan wawasan wiyata mandala, maupun ceramah kesehatan tentang bahaya penyakit, seperti bahaya merokok dan HIV/AIDS.

Masa Orientasi siswa (MOS) di SMAN 1 Grati, Pasuruan sendiri akan dilaksanakan selama 4 hari yakni mulai Senin,(9/7/2012) hari ini hingga 12 Juli 2012 mendatang. (sof/yog)