Patrol Sahur, Polisi Joget Bareng Warga dan Blusukan Kampung

303
Ajak Sahur - Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Atih Nursani Purwati sedang menyapa warga dalam giat Patrol sahur, Minggu (29/7/2012) dini hari. Foto : Bojhes Fernandes

Pasuruan (wartabromo)– Ada sesuatu yang berbeda di jalan-jalan protokol Kota Pasuruan pada Minggu dini hari. Pasalnya, menjelang pukul 03.00 Wib puluhan anggota Polisi berseragam membunyikan musik patrol membangunkan warga untuk menyantap sahur.

Tak hanya itu, para petugas berseragam coklat tersebut bahkan ikut berjoget bersama warga yang mereka jumpai mengikuti iringan musik patrol yang dibunyikan oleh anggota lainnya.

Tampak sejumlah anggota terlihat sangat leko meliuk-liukkan tubuhnya sehingga membuat sejumlah warga yang baru terbangun tertawa melihat ulahnya.

Ya, dengan berjalan kaki dan juga menggunakan mobil patroli, anggota Polres Pasuruan Kota ini berkeiling di jalan-jalan protokol di Kota Pasuruan dan masuk kampung untuk membangunkan umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa.

Ya, untuk sementara, senjata yang biasa mereka bawa digantikan oleh musik kentongan, snare drum dan bedug. Lalu, topi dinas maupun baret sebagian diganti dengan peci putih ala pak haji.

“Selama bulan Ramadan ini kami akan secara rutin membangunkan warga, sebagai salah satu bukti harmonisasi masyarakat dengan polisi” ujar Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Atih Nursani Purwati yang memimpin langsung patrol sahur tersebut pada wartawan, Minggu (28/7/2012).

Kegiatan patrol sahur oleh anggota Polres Pasuruan Kota tersebut langsung mendapat sambutan hangat dari sejumlah warga yang kebetulan lewat dan bertemu dengan para petugas keamanan yang sedang berpatrol sahur tersebut.

“Ini sangat baik mas, bukti kalau polisi menjaga keamanan dan ketentraman warga, “ujar Kholik salah seorang warga.

Disamping membawa kentongan, snare drum, bedug dan sejumlah alat tabuhan-tabuhan lainnya, salah seorang anggota juga membawa megaphone sambil meneriakkan seruan untuk sahur pada warga.

“Sahur…sahur…sahur…,” teriak salah seorang petugas melalui megaphone yang membuat suasana dini hari menjadi ramai dan memaksa mata untuk lekas melek. (yog/yog)