Terbakar Lagi, 50 Hektar Lahan di Kawasan Arjuna Ludes

243
Foto: Ilustrasi

Prigen (wartabromo) – Belum ‘dingin’ api yang menghanguskan 150 hektar hutan di Puncak Ringgit, kebakaran kembali terjadi kawasan Gunung Arjuna. Kebakaran yang terjadi sejak Selasa (18/09/2012) menghanguskan sedikitnya 50 hektar lahan.

Awal kebakaran terjadi di lembah Kijang yang berada di ketinggian 1200 di atas permukaan laut (dpl) dan terus menjalar ke atas hingga ketinggian 2400 dpl.

“Belum ada tanda-tanda api akan padam,” ujar Kapala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko, Jumat (21/09/2012).

Kebakaran hebat ini sudah merambat ke sejumlah wilayah di antaranya Putuk Lesung, Retawu, Bulak, Cemorokerep hingga Gumandar. Api yang menyalak setinggi 5 meter menghanguskan pohon-pohon pinus, kopi, pisang dan berbagai macam pohon di hutan heterogen serta savana.

Sekretaris Kelompok Tani Tahura (KTT) Prigen, Dardiri mengatakan puluhan petugas gabungan dari Pamhut Tahura, BPBD Kabupaten Pasuruan, SAR Pasuruan dan petani KTT serta warga terus berusaha memadamkan api.

Namun karena medan yang sangat ekstrem membuat usaha pemadaman menjadi sulit. Yang bisa dilakukan hanya melokalisir api api agar tidak terus menyebar. “Kita hanya bisa memukul-mukul api,” jelasnya. (fyd/fyd)