Puluhan Anggota SAR Gabungan Dikerahkan Cari Pelajar Hilang

237
Aji Kusuma/ Foto Istimewa

Prigen (wartabromo) – Sedikitnya 50 anggota SAR gabungan diterjunkan mencari Aji Kusuma (16), pelajar SMKN 3 Surabaya yang dinyatakan hilang di kawasan Gunung Arjuna, sejak dua hari lalu. Upaya pencarian dibagi dalam 3 jalur pemberangkatan.

3 jalur pemberangkatan tersebut yakni jalur Tretes terdiri dari 6 orang, jalur Gumandar terdiri dari 7 orang, serta jalur Canggar, Batu terdiri dari 17 orang. Setiap tim dipandu oleh petugas dari
Tahura. Sementara itu, belasan anggota SAR lainnya stand by di lokasi pos ijin pendakian Tretes.

“Diperkirakan survivor berada di ketinggian 3000 mdpl, sekitar kawasan Gunung Welirang. Meski demikian tidak menutup kemungkinan ia sudah bergerak sehingga posisinya berubah,” terang Hadi Khoirul, pemandu wisata Gunung Arjuana – Welirang saat berbincang dengan wartawan di pos ijin pendakian, Tretes, Prigen, Selasa (20/11/2012) siang.

Tim yang berangkat dari jalur Tretes dan Gumandar akan menyisir sampai ke Lembah Kijang. Sementara tim yang berangkat dari Canggar, akan menyisir pelan-pelan di daerah tersebut. “Karena secara supranatural ada kemungkinan survivor ini sudah berada di Canggar, Batu. Namu hingga saat ini kita belum ada informasi dengan tim yang diatas,” jelasnya.

Hadi melanjutkan, terakhir kali survivor mengenakan kaos lengan pendek warna hitam, celana
boxer hitam, sandal jepit warna putih biru. Ia hanya membawa bekal 1 bungkus mi instan dan 1 liter air. Tim pencari berharap, survivor memiliki mental bertahan yang tangguh sehingga kemungkinan harapan hidup masih ada.

“Idealnya kalau menemukan sumber bisa bertahan selama semingu,” imbuh Hadi.

Hingga berita ini ditayangkan, kesibukan sangat terasa di pos ijin pendakian Tretes. Beberapa kelompok pecinta alam dari beberapa daerah juga berdatangan untuk membantu pencarian.

“Tim  Wanadri juga menyatakan akan membantu. Saat ini sedag dalam perjalan dari Bandung,” pungkasnya. (fyd/fyd)