Pelajar Surabaya Hilang di Gunung Arjuna

336

Prigen (wartabromo) – Kawasan pegunungan Arjuna – Welirang kembali menunjukan ‘keangkerannya’. Seorang pelajar asal Surabaya hilang saat melakukan pendakian.

Pelajar yang hilang diketahui bernama Aji Kusuma (16), siswa kelas 2 SMKN 3 Surabaya. Aji sebelumnya mendaki bersama 7 pendaki lain melalui Tretes, Prigen. Hingga saat ini, nasib Aji belum diketahui.

“Pada hari Minggu (18/11/2012), 09.00 Wib, kita medapat laporan ada pendaki hilang,” kata Koordinator SAR Pasuruan, Mas’ud, Senin (Senin/19/11/2012).

Pihak SAR Pasuruan sudah melakukan pencarian ke sejumlah titik. Namun karena medan berat dan keterbatasan personel, pencarian belum mebuahkan hasil. Pihaknya akan terus melakukan pencarian ke lokasi sumber air, dan tebing sekitar Gunung Welirang.

“Kita berharap survivor dapat segara ditemukan dan selamat,” ujar Mas’ud.

Aji mendaki bersama 7 temannya hari Jumat (16/11/2012), pukul 17.00 Wib. Namun karena cuaca buruk, dalam perjalanan 7 pendaki ini berpisah. 3 diantaranya memilih turun, 2 orang memilih bertahan di pos 2, sementara Aji dan seorang temannya, Aris terus mendaki puncak.

Namun, saat 2 pendaki ini sampai pada jarak 10 meter ke puncak, Aji tidak sanggup meneruskan langkahnya. Ia menyuruh Aris meninggalkannya dan tetap melanjutkan naik ke puncak yang sudah di depan mata. Setelah beberapa saat di puncak, Aris turun dan kembali ke posisi awal. Namun, Aji sudah tidak ada di tempat.

Sementara untuk membantu proses pencarian, sebanyak 14 anggota SAR Mahameru juga ikut melakukan pencarian. Hadi, petugas pos perijinan pendakian Tretes mengatakan, ke-14 anggota SAR Mahameru sudah naik ke atas dengan peralatan lengkap.

“Tim SAR Mahameru sudah naik untuk melakukan pencarian,” ujarnya.

Untuk memudahkan pencarian, di depan pintu masuk juga dipasang foto Aji berukuran 4 R.  Foto tersebut dipasang di sebuah papan dan dilengkapi dengan nama serta alamat. “Kita meminta agar fotonya dipasang,” pungkas Hadi. (fyd/fyd)