Gangnam Style-an, Ribuan Santri ‘Senam Bersarung’

257

Pasuruan (wartabromo)– Suasana Gedung Olahraga (GOR) Kota Pasuruan mendadak ramai dengan ribuan santri dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Minggu (16/12/2012).

Tidak seperti biasanya, para santri tersebut datang untuk mengikuti aksi senam 10 ribu santri yang digelar oleh Himpunan Pengusaha Santri Indonesia, PC Ma’arif NU Kabupaten Pasuruan serta salah satu perusahaan makanan merk terkenal di Indonesia.

Suasana riuh membahana memenuhi halaman GOR kota Pasuruan saat acara senam dimulai. Pasalnya, jika orang kebanyakan bersenam pagi dengan mengenakan celana olahraga maka tidak bagi para santri tersebut. Mereka justru mengenakan sarung, berkopyah dan tetap mengenakan baju koko sehingga membuat senam pagi ribuan santri tersebut lain dari biasanya.

“Ayo semuanya mengikuti gerakan saya,” ujar salah seorang personil boyband ‘Dol joni’ yang didaulat menjadi instruktur senam santri bersarung tersebut.

Sebagamaina peserta senam, para personil Dul Joni juga mengenakan sarung seperti para santri yang tampak bersiap untuk mengikuti gerakannya.

Hentakan demi hentakan musik tiba-tiba menyeruak sehingga ribuan santri yang diperkirakan berjumlah sekitar 11 ribuan tersebut langsung bergoyang dan memutar badannya untuk bersenam pagi.

“Oppa gangnam sytle” teriak sejumlah santri saat tiba-tiba lantunan musik pengiring senam berubah menjadi lagu ciptaan artis asal korea PSY.

Sontak, meski bersarung, ribuan santri itu pun bergoyang bersama ala gangnam style. Demikian halnya santriwati yang letaknya saling berdampingan dengan pembatas besi yang ikut dalam aksi senam tersebut.

Menurut, Ketua PC Ma’arif NU Kabupaten Pasuruan, Senam ribuan santri tersebut dimaksudkan sebagai bentuk pembelajaran dan pemberdayaan para santri terhadap dirinya. Karenanya pihaknya juga menggandeng salah satu perusahaan makanan merk terkenal dengan harapan bisa menjadi perkenalan bagi para santri agar bisa menjadi enterpreneur muda yang bisa diharapkan.(yog/yog)