Umat Konghucu Pasuruan Bersiap Rayakan Imlek

245
Bersiap - Anggota Klenteng sedang membersihkan rupang. Foto: M Athuf

Pasuruan (wartabromo) – Tahun Baru Imlek segera tiba, umat Konghucu yang menjadi anggota Klenteng Tjoe Tik Kiong, Kota Pasuruan berbena. Berbagai persiapan ritual pun sudah dilakukan secara matang, seperti memandikan rupang (arca dewa) sampai memasang lampion.

Dalam perayaan Imlek tahun ini, umat Konghucu berharap kembali bersih, baik jiwa dan raga serta diampuni segala dosa. Tidak lupa mereka juga bersyukur,  atas segala anugrah terutama kerukunan antar umar beragama sehingga mereka tenang beribadah.

“Memandikan rupang sebagai simbol membersihkan diri. Kita berharap kembali bersih dan suci,” kata Seksi Agama Klenteng Tjoe Tik Kiong, Yudi Darma Santosa, Rabu (06/02/2013).

Selain mengharapkan kembali suci, umat Konghucu juga berharap kedamaian bagi seluruh umat manusia, khususnya bangsa Indonesia.

“Kita bersukur bahwa kerukunan antar umat beragama di Pasuruan terjalin dengan baik sehingga tenag dalam beribadah,” ujarnya.

Klenteng Tjoe Tik Kiong sudah berdiri sejak 400 tahun lalu. Di klenteng tersebut terdapat 11 dewa. Dari sebelas dewa tersebut terdapat salah satu dewa yang disebut sebagai tuan rumah bernama Mak Cho. Mak Cho merupakan dewa yang pertama kali dibawa pendiri klenteng ini dari negeri Tiongkok. (fyd/fyd)