Sambut Kedatangan Mak Yati, Warga ‘Nanggap’ Elektone

216

Purwosari (wartabromo) – Mak Yati (65) warga Dusun Gunung Sari Desa Kertosari Kecamatan Purwosari, Pasuruan yang dikabarkan akan kembali ke kampung halamannya setelah sekian lama merantau di Jakarta, Selasa (19/2/2013) Siang disambut meriah oleh warga dusun setempat.

Puluhan warga berkumpul di halaman rumah baru Mak yati sambil nanggap organ tunggal dan bernyanyi dangdut secara bergiliran.

Sementara, sejumlah warga lainnya dibantu oleh petugas dari dinas sosial, Pegawai Kecamatan dan perangkat desa setempat sibuk menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan rumah tangga Mak Yati mulai dari Kamar Tidur hingga keperluan dapurnya.

“Sambil menunggu mari kita nyanyi dulu,” ujar salah seorang warga yang menyumbangkan suaranya.

Hingga siang ini, dikabarkan rombongan perempuan pemulung yang tiba-tiba dikenal lantaran menyumbangkan hewan kambing di hari raya idul Qurban tersebut masih dalam perjalanan.

“Masih perjalanan, tapi kita sudah siapkan Penyambutannya, ” ujar Waluyo, Kepala Desa Kertosari kepada sejumlah wartawan yang juga menunggu Kedatangan Mak Yati.

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, niat tulus Mak Yati alias Romlah yang berkurban dua ekor kambing dalam kondisi hidupnya yang kekurangan memunculkan simpati Kementerian Sosial untuk membuatkan rumah Mak Yati di kampung halamannya. Rumah sederhana itu dibangun di atas lahan seluas 6 X 12 berukuran 4 X 6. Terdiri dari ruang tamu, satu kamar tidur serta satu kamar mandi. (yog/yog)