Unjuk Rasa Pabrik Susu, Warga Tejowangi Blokir Jalan

555

Purwosari (wartabromo) – Puluhan warga Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari, Pasuruan berunjuk rasa di PT Indolakto, Rabu (20/3/2013). Mereka menagih janji Pabrik pemroduksi susu kemasan tersebut yang sudah 9 bulan tak terealisasi. Dalam aksinya warga sempat nekat memblokir Jalan Raya Malang-Surabaya namun akhirnya berhasil digagal petugas.

Aksi unjuk rasa warga tersebut diawali sekitar pukul 09.30 Wib dengan aksi long march dari Pegadaian Purwosari menuju lokasi pabrik. Hal tersebut kontan mengakibatkan kemacetan cukup panjang puluhan kendaraan dari arah Surabaya-Malang.

“Kami kesini hanya ingin menagih janji. Warga tidak akan marah jika tidak dipersulit,” ujar Sugiarto, salah seorang warga dalam orasinya.

Menurutnya, warga hanya meminta agar janji 60 persen tenaga kerja warga setempat direalisasikan. “Kami warga Tejowangi untuk diprioritaskan. Selama ini pabrik banyak beralasan terkendala persyaratan kesehatan,”tambahnya

Tak hanya itu, warga juga meminta agar limbah afalan dari Pabrik tersebut dapat dikelola oleh warga Tejowangi. Meskipun selama ini, warga sudah mendapatkan dua item limbah afalan tersebut.

“Ada sembilan item limbah afalan yang dijanjikan, kenapa cuma dua yang diberikan,”teriak Zainul, warga lainnya.

Hingga berita ini ditulis, 10 orang perwakilan warga akhirnya diterima oleh menegemen perusahaan untuk melakukan perundingan, namun hingga sekitar pukul 11.32 Wib belum ada keputusan dari kedua belah pihak. Puluhan pengunjuk rasa masih bertahan di pintu masuk pabrik. (yog/yog)