Polres Probolinggo Musnahkan Belasan Ribu Petasan

816

PetasanKraksaan (wartabromo) – Polisi memusnahkan belasan ribu petasan dan bubuk bahan pembuat petasan. Barang bukti tersebut diamankan dari beberapa wilayah, diantaranya Desa Opo-Opo Kecamatan Krejengan, Desa Kaliacar Kecamatan Gading dan Desa Besuk Kecamatan Besuk. Pemusnahan dengan cara dibakar dilakukan di halaman belakang Mapolres Probolinggo, Selasa (16/7/2013).

“Semuanya kita musnahkan. Berbahaya kalau didimpan lama-lama,” kata AKBP Endar Priantoro, Kapolres Probolinggo.

Awalnya pemusnahan akan dilakukan dengan cara disiram air dan dibuang ke laut. Namun karena pertimbangan bisa mengganggu warga dan nelayan, akhirnya diputuskan dibakar.

Proses pemusnahan diawali dengan menggelar petasan dan bubuk petasan. Selanjutnya dibakar dengan cara dibaringkan di tanah agar tidak menimbulkan suara keras. Polisi memasang garing kuning radius puluhan meter dari lokasi pembakaran.

Baca Juga :   Butuh Waktu 2,5 Jam, Jasad Korban Hanyut Tiris Baru Bisa Dievakuasi

“Sengaja dimusnahkan dengan cara dibaringkan supaya suaranya tidak begitu keras dan tidak mengganggu masyarakat,” jelas Endar.

Mantan penyidik KPK ini menduga masih banyak petasan yang beredar sembunyi-sembunyi di wilayah Kabupaten Probolinggo. Untuk itu, razia akan dilakukan terus menerus. (fyd/fyd)