Tol Gempol-Rembang Ditargertkan Beroperasi Akhir 2014

654
TINJAU – Bupati Irsyad Yusuf dan Direktur Utama PT Transmarga Jatim Pasuruan Hengki Herwanto saat meninjau lokasi proyek di Rembang, Selasa (10/9/2013). Foto: G Arif Subagyo

Rembang (wartabromo) – PT Transmarga Jatim Pasuruan menargetkan jalan Tol Gempol-Pasuruan seksi 1 dari Gempol sampai Rembang sepanjang 13,90 kilometer sudah bisa diperasikan pada Desember 2014. Syaratnya, pembebasan beberapa bidang lahan bisa rampung sesuai rencana.

Masih terdapat 120 bidang lahan di seksi 1 yang belum dibebaskan, tersebar di Rembang, Desa Gununggangsir dan Wonokoyo.

Bidang lahan yang belum dibebaskan sebagian besar milik perusahaan seperti PT Pasuruan Industrial Rembang Estate (PIER) dan PT Bumi Tjokro Sentosa (BTS) dan sisanya lahan milik warga.

“Ketidaksepakatan harga serta masalah dokumen kepemilikan tanah menjadi kendala pembebasan lahan. Pihak Untuk itu kita memohon Bupati Pasuruan bisa membantu permasalahan ini,” kata Direktur Utama PT Transmarga Jatim Pasuruan (TJP) sebagai badan usaha Tol Gempol-Pasuruan, Hengki Herwanto saat meninjau lokasi proyek bersama Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf di Rembang, Selasa (10/9/2013).

Baca Juga :   Maju Pilwali, Setiyono Akhirnya Gandeng Raharto Teno Prasetyo Dari PDI- P

Saat ini pembangunan fisik konstruksi Tol Gempol-Pasuruan seksi 1 sudah mencapai 35 persen. Proyek dikerjakan dua kontraktor plat merah PT Adhi Karya dan PT Waskita. Keduanya diawasi konsultan supervisi PT Multiphi Beta.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan pihaknya akan mengusahakan pembebasan lahan rampung secepatnya. Ia juga meminta pada pelaksana proyek agar memperhatikan insfrastruktur jalan raya yang dilewati kendaraan proyek.

Pembangunan jalan Tol Gempol-Pasuruan, katanya akan meningkatkan perekonomian di wilayah timur Pasuruan.  “Kita usahakan secepatnya. Mudah-mudahan tidak terjadi konsinyasi,” kata Irsyad.

Tol Gempol-Pasuruan secara keseluruhan sepanjang 34,15 kilometer dari Gempol sampai Grati. Pembangunan dilakukan dalam 3 seksi. Seksi 1 Gempol-Rembang sepanjang 13,90 kilometer, seksi 2 Rembang-Pasuruan sepanjang 8,10 kilometer dan seksi 3 Pasuruan-Grati sepanjang 12,15 kilometer. (fyd/fyd)