Pilkades Serentak, Waspadai Ijazah Palsu Calon Kades

576

pilkadesPasuruan (wartabromo) – Pemilihan kepada desa (Pilkades) serentak akan digelar pada bulan oktober 2013. Panitia pelaksana Pilkades diimbau mewaspadai penggunakan ijazah palsu para calon kades.

“Pilkades ini sepenuhnya tanggungjawab pihak kecamatan masing-masing. Kami minta agar berhati-hati saat tahapan verifikasi berkas calon karena ada kerawanan penggunaan ijazah palsu,” kata Sunyono, Kepala Dinas Infokom Kabupaten Pasuruan, Jumat (20/9/2013).

Menurut Sunyono potensi pelanggaran administratif yang dilakukan para calon kades ini bisa terjadi di setiap desa. “Hampir di semua desa berpotensi ada pemalsuan ijazah,” jelasnya.

Pemerintah daerah, kata Sunyono, mengancam akan memberikan sanksi tegas pada pelanggaran tersebut. “Akan diproses hukum dan bila sudah berkekuatan hukum tetap akan dibatalkan jabatannya bagi yang terpilih,” tandasnya.

Baca Juga :   Tommy Incar 300 Hektare Tanah di Probolinggo

204 desa di Kabupaten akan menggelar Pilkades pada bulan Oktober 2013. Pada tanggal 6 sebanyak 31 desa serempak menggelar Pilkades, pada tanggal 13 sebanyak 4 desa, tanggal 14 sebanyak 2 desa, tanggal 20 sebanyak 78 desa, serta tanggal 27 sebanyak 89 desa.

Sebelum itu, pada 22 September Desa Karangjati Kecamatan Pandaan akan menggelar Pilkades, sementara pada 17 November Pilkades dilaksanakan di 2 desa. (fyd/fyd)