7 Kecamatan di Probolinggo Jadi Wilayah Agropolitan

1271
Foto : probolinggokab.go.id
Foto : probolinggokab.go.id
Foto : probolinggokab.go.id

Probolinggo (wartabromo) – Pemkab Probolinggo menetapkan tujuh kecamatan di wilayahnya sebagai wilayah agropolitan yakni Kecamatan Tiris, Krucil, Gading, Tongas, Lumbang, Sukapura dan Sumber.

Menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Probolinggo, Dewi Korina. Ketujuh wilayah tersebut telah ditetapkan oleh Bupati Probolinggo sebagai daerah Agropolitan lantaran wilayahnya yang sangat mendukung untuk perkembangan perekonomian dari pertanian berbasis lingkungan dan teknologi.

“Ketujuh wilayah tersebut akan dibagi dua wilayah yakni daerah timur meliputi Kecamatan Tiris, Krucil, dan Gading. Sedangkan wilayah barat diantaranya Kecamatan Tongas, Lumbang, Sukapura dan Sumber,” terang Dewi Korina.

Untuk wilayah timur, lanjut Korina, lebih ditekankan kepada pertanian dan peternakan sapi. Hal ini dilakukan lantaran daerah Krucil merupakan penghasil susu perah serta lokasi pertanian dan perkebunan seperti kebun teh, buah manggis dan lainnya.

Sementara untuk wilayah barat dititik tekankan kepada pertanian holtikultura yakni Kecamatan Sumber dan Kuripan sebagai daerah penghasil wortel, gubis dan kentang serta pengembangan tanaman randu dan madu.

“Jadi wilayah tersebut disesuaikan dengan krakter daerahnya masing- masing. Sehingga nantinya perkembangan perekonomian masyaraktnya bisa berkembang,” tandas Dewi

Ketujuh Kecamatan tersebut selanjutnya akan diusulkan ke Kementrian Pertanian dan Kementrian Pekerjaan umum setelah sebelumnya lolos dari verifikasi provinsi Jatim.

“Jadi semua pembangunannya ketika lolos di kementrian maka pembangunan untuk 7 Kecamatan  tersebut akan dilakukan oleh kedua kementrian itu. Dalam tahun ini Pemkab akan membangun Gapura di  7 kecamatan itu sebagai daerah Agropolitan,”pungkas Dewi. (rhd/yog)