Beji Diterjang Puting Beliung, Dua Rumah Ambruk

643
Seorang warga mengumpulkan barang-barang yang masih bisa dimanfaatkan dari reruntuhan rumah/ G Arif Subagyo

Beji (wartabromo) – Puluhan rumah di Desa Cangkringmalang dan Kedungringin Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan mengalami kerusakan diterjang angin puting beliung, Selasa (26/11/2013). Dua bangunan rumah ambruk, sementara puluhan lainnya rusak parah.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 14.00-15.00 WIB. Terjangan angin selama satu jam memporak-porandakan puluhan rumah di empat dusun, yakni Dusun Minggir dan Dusun Wage Desa Cangkringmalang serta Dusun Gersikan dan Dusun Ngayunan Desa Kedungringin.

Kerusakan rumah warga rata-rata di bagian atap dan bervariasi mulai dari berat dan ringan.

Pantauan di lokasi, kerusakan terparah terjadi di Dusun Minggir. Rumah kosong milik Ali dan warung makan yang juga menjadi tempat tinggal milik Dea, ambruk rata dengan tanah.

Baca Juga :   Sidak Cacing, Satgas Pangan Malah Temukan Kemasan Rusak

“Angin datang dari utara ke selatan. Atap rumah saya tergulung dan rusak parah padahal kejadiannya hanya sekitar dua menit,” kata Kades Kedungringin, Vicky.

Data sementara dari aparat TNI yang terjun ke lokasi, sebanyak 13 rumah di Dusun Minggir, 15 rumah di Dusun Wage, 15 rumah di Dusun Ngayunan dan 25 rumah di Dusun Gersikan mengalami kerusakan akibat puting beliung.

Sampai pukul 22.30 WIB, belum dipastikan berapa jumlah total rumah yang mengalami kerusakan serta kerugian material akibat puting beliung. Pihak BPBD Kabupaten Pasuruan menyatakan belum mengetahui secara pasti jumlah rumah yang mengalami kerusakan.

“Belum dapat informasi dari teman-teman,” kata Kepala BPBD, Yudha Triwidya Sasongko. (fyd/fyd)