Ganja Ditemukan di Area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

680
ganja-tosari
Kapolsek Tosari, AKP Suwarno memeriksa tanaman di area ditemukannya pohon ganja / yogi

Tosari (wartabromo) – Entah siapa yang menanam. Namun, penemuan 4 batang tanaman ganja tersebut membuat geger pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Pasalnya, lokasi penemuannya berada di Blok G Mungal Dusun Kandangsari Desa Mororejo Kecamatan Tosari, Pasuruan yang merupakan salah satu area kawasan TNBTS.

Tanaman ganja tersebut pertama kali ditemukan oleh Isroil (40) salah seorang petugas Kutai Timber Indonesia (KTI) yang bertugas di area kawasan Program konservasi Blok G Mungal pada tanggal 31 Desember 2013 lalu.

“Mulanya, ia menaruh curiga dengan keberadaan tanaman yang berbeda dari jenis tanaman lainnya. kemudian ia memutuskan untuk melaporkannya kepada kami,” ujar Kepala seksi PTN Wilayah I, Sarmin pada sejumlah wartawan, Senin (6/1/2013).

Baca Juga :   Hendak Ajak Berlibur, Sang Istri Malah Temukan Suami Tergeletak di Sawah

Atas lapor tersebut, pihaknya kemudian melaporkan penemuan tanaman yang diduga ganja itu kepada pihak Kepolisian Sektor Tosari untuk ditindak lanjuti.

“Saat ditemukan, 4 batang tanaman tersebut masing-masing memiliki tinggi 30 centimeter, 15 centimeter, 3 centimeter dan 1 centimeter,” tambah Sarmin.

Pihak aparat kepolisian melalui Satreskoba Polres Pasuruan pun langsung membawa barang bukti temuan tersebut untuk dilakukan test laboratorium di Surabaya. Hasilnya, tanaman tersebut positif sebagai tanaman ganja yang dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya.

“Kita langsung berkoordinasi dengan pihak Satreskoba untuk penyelidikan lebih lanjut,” ujar Kapolsek Tosari, AKP Suwarno. (yog/yog)