Kota Pasuruan Akan Bangun Stadion Baru

1800
Stadiun Untung Suropati Kota Pasuruan

Pasuruan (wartabromo) – Stadion Untung Suropati yang berlokasi di Jalan Pahlawan yang dipunyai Pemerintah Kota Pasuruan dianggap belum representatif. Hal itu memunculkan keinginan sejumlah pihak agar dibangun sebuah stadiun baru yang lebih besar dan fasilitas yang lebih lengkap.

“Sepak bola adalah olahraga yang sangat popular di masyarakat, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Banyak desakan masyarakat yang menginginkan dibangunnya lapangan sepak bola yang layak, baik dari parkir kendaraan, sampai dengan tribun yang baik,” kata Walikota Pasuruan Hasani, saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Pengambilan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Kota Pasuruan-Pengganti Antar Waktu (PAW), di Gedung DPRD Kota Pasuruan, Kamis (6/2/2014).

Meski baru sebatas rencana, namun Hasani yakin pembangunan stadiun baru akan terealisasi. Saat ini Pemkot masih melakukan kajian wilayah yang tepat untuk dibangun stadion dan sudah memetakan tiga lokasi yang cocok, diantaranya di Kelurahan Kepel, Kelurahan Tapakan dan Kelurahan Blandongan.

Baca Juga :   BBKSDA Apresiasi Upaya Kebun Raya Purwodadi Selamatkan Flora Pulau Sempu

Ketiga lokasi ini secara geografis berada di wilayah utara Kota Pasuruan. Wilayah utara dipilih agar tidak ada disparitas antara wilayah selatan dan utara.

“Bukan karena saya berasal dari utara. Tapi ini demi kebaikan bersama. Lebih pada mengimbangkan kepentingan di semua wilayah kota,” jelasnya.

Stadion baru tersebut diperkirakan akan dibangun di laha seluas 4 hektar dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung. Hasani berharap tahun 2015, pembangunan bisa dimulai.

“Dananya dari APBD Kota Pasuruan ditambah dengan usulan ke APBN. Semoga saja ada anggaran dari pusat,” pungkasnya. (eml/fyd)