Saat Lebaran, Permintaan Darah Naik Pendonor Menurun

595
darah pmi
dok.wartabromo.com

Probolinggo (wartabromo) –  Permintaan darah akan meningkat menyusul turunnya jumlah pendonor ketika menjelang lebaran tiba. Namun Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo memastikan stok labu darah aman hingga menjelang lebaran mendatang.

Hal itu diungkapkan langsung oleh wakil Ketua PMI Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono pada saat menggelar simulasi dan pengukuhan 25 relawan PMI di lapangan Tembak Paiton, Kamis (29/5/2014).

“Menjelang lebaran, permintaan darah biasanya meningkat. Sementara pendonornya menurun,”ujarnya pada wartabromo.

Namun demikian, lanjut Sigit, stok darah yang ada di PMI Kabupaten Probolinggo diharapkan cukup sampai lebaran nanti.

Dengan catatan tidak ada lonjakan permintaan yang signifikan akibat terjadinya suatu insiden mendadak seperti kecelakaan.

“Biasanya, stok di PMI hanya berada dalam kisaran angka 300 sampai 400 labu darah. Namun menjelang ramadan, diadakan kegiatan donor darah massal, sehinggaa stok darah mengalami peningkatan,” katanya.

Jumlah stok darah itu akan terus dijaga dengan cara tetap  bekerja keras mencari pendonor-penodor baru seperti di kawasan maupun zona industri, tempat-tempat peribadahan, atau tempat sosial lainnya.

” Dengan cara tersebut diharapkan pada musim libur lebaran nanti, pihaknya tidak kewalahan dalam memenuhi permintaan darah,”tuturnya.

Sementara itu, Kegiatan simulasi dan pengukuhan relawan di lapangan tembak tersebut, diikuti oleh sebanyak 25 relawan KSR di Kabupaten Probolinggo. (rhd/yog)