2 Ekor Singa Laut Asal Jerman Jadi Keluarga Baru TSI Prigen

748

singa-lautPasuruan (wartabromo) – Koleksi satwa mamalia laut Taman Safari Indonesia 2 Prigen Pasuruan bertambah menyusul datangnya dua ekor satwa singa laut jenis california sealion.

Kedua singa laut (otariiade) yang datang pada tanggal 3 Juni 2014 lalu itu bernama Kariba dan Kirra yang sudah menjalani karantina selama satu setengah bulan di Taman Safari Cisarua Bogor setelah sebelumnya didatangkan langsung dari kebun binatang asalnya yakni Berlin Zoo Jerman.

Menurut Keeper khusus marine mamal, Ari Budianto, kedua singa laut tersebut sangat mudah beradaptasi dengan lingkunganya asalkan mereka bisa beraktifitas bebas dan mendapatkan perawatan intens dari perawatnya.

“Kondisinya fit dan sehat, hanya mengalami stress awal lantaran perjalanan jauh,”ujar Ari yang ditemui wartabromo saat melatih kedua singa laut tersebut di panggug lumba – lumba, Minggu (15/6/2014).

Baca Juga :   Pengungsi Gempa dan Tsunami Palu di Kabupaten Pasuruan Terima Bantuan

Singa laut ini, lanjut Ari Budianto, cukup gesit dan agresif dengan habitat barunya yang sudah disesuaikan dengan habitat aslinya yakni hidup di perairan asin dan dingin.

“Singa laut ini 40 persen hidup di air dan 60 persen hidup didarat sehingga kita tidak kesulitan untuk menyesuaikan dengan habitatnya,” tambah pria yang sudah kerap melatih hewan mamalia laut seperti Ajing laut dan lumba – lumba tersebut.

Saat ini, Taman Safari Indonesia 2 Prigen, Pasuruan memiliki sejumlah hewan mamalia laut diantaranya lumba – lumba sebanyak 5 ekor dan anjing laut sebanyak 4 ekor.

“Mudah-mudahan singa laut sudah bisa kita perlihatkan kepada pengunjung pada bulan januari 2015 mendatang,” pungkas Ari yang ditemani oleh Humas TSI 2 Prigen, Pasuruan, Idham Rustian tersebut. (yog/yog)