Bocah SMP di Pasuruan Juarai Lomba Robot Internasional

737

juara robot asal pasuruanKraton (wartabromo) – Akbar Nur Sultan (13), Siswa kelas VIII SMPN Kota Pasuruan disambut meriah oleh teman dan gurunya. Pasalnya, bocah asal Jalan Karya Bakti RT 3 RW 4, Desa Pukul, Kecamatan Kraton, itu telah berhasil menyabet juara I Creative pada lomba robot kategori Excelence Technical Award tingkat internasional yang diselenggarakan International Robotic Olympiad Comite (IORC), Shinjhinsang, di Beijing.

Putra pasangan Nur Khudji (37) dan Sulitianawati (35) tersebut menyabet tiga juara sekaligus yakni mendapatkan mendali emas dan predikat penghargaan The Best Design dan dan piala bergilir dari menteri Mendikbud.

Dalam perlombaan tersebut, Akbar berada di bawah bimbingan Jakarta Robot Center, satu tim bersama dua pelajar SMAN 1 Gresik.

Baca Juga :   Gerindra 'Nitip' Kue Ultah di Syukuran Hari Pers PWI Pasuruan

“Ada 12 murid dari berbagai sekolah yang berangkat mewakili Indonesia dalam lomba robot tersebut,”terang Armin Irawan, guru pembimbingnya.

Menurutnya, robot yang dirakit oleh tim Akbar mampu menumbangkan robot-robot lainnya meski dirakit dengan biaya cukup tinggi yakni mencapai Rp 100 juta.

“Senang sekali bisa mengikuti lomba ini, bisa melihat robot-robot cipataan teman dari negara lain,” ujar Akbar Akbar saat ditemui sejumlah wartawan.

Bocah yang pernah menyabet Juara I Kategori Land Tracer Analog Singapore Solidarity Games 2014 tersebut mulai tertarik belajar merakit robot sejak masih duduk di bangku kelas V SD. (fyd/yog)