4 Orang Penderita Demam Berdarah di Pasuruan Meninggal Dunia

693

demam berdarahPasuruan (wartabromo) – Selama dua bulan terakhir, 4 orang penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kabupaten Pasuruan meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, dr Loembini Pejati Lajoe mengatakan, keempat warga tersebut berasal dari Kecamatan Bangil, Wonorejo, Purwodadi dan Gempol.

“Dari keempatnya, 1 orang dewasa dan tiga lainnya masih anak-anak,”kata dr Loembini Rabu (4/2/2015).

Menurutnya, hingga saat ini tercatat sebanyak 39 orang penderita DBD masih menjalani perawatan di rumah sakit dan puskesmas-puskesmas terdekat. Bahkan, atas kejadian ini, Kabupaten Pasuruan masuk dalam daftar KLB DBD.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan, pihaknya telah menanda tangani surat KLB DBD untuk disebarkan ke instansi terkait.

Baca Juga :   Siswa Keracunan Jajanan, Bupati Tantri: Sekolah Harus Punya Kantin

“Suratnya saya tanda tangani. Isinya penderita KLB DBD mendapatkan pelayanan dan pengobatan gratis di rumah sakit serta seluruh puskesmas di Kabupaten Pasuruan,” tandas Bupati.

Selain pelayanan dan pengobatan gratis, Pemerintah juga berharap ada peran aktif untuk melakukan upaya pencegahan serta menggelar penyuluhan kesehatan serta fogging (pengasapan) untuk membunuh nyamuk aides aigepty yang menjadi penyebab DBD. (hrj/yog)