Imlek, Petani Bunga Sedap Malam Pasuruan Untung 12 Juta Rupiah Perhari

632

image

Rembang (wartabromo) – Menjelang perayaan Imlek, permintaan bunga sedap malam banjir pesanan. Bahkan, saking banyaknya menembus hingga 120.000 batang yang harus dikirim hanya dalam satu hari saja.

Nasirudin (46), salah satu petani sekaligus pengusaha sedap malam di Dusun Krian, Desa Pekoren, Kecamatan Rembang, Pasuruan mengaku kebanjiran pesanan sedap malam khusus Imlek dari para pengusaha hotel di Jakarta, Bali dan Mataram.

Jumlahnya pun sangat fantastis, lantaran per hari saja, permintaan bisa mencapai 120 ribu sampai 150 ribu batang sedap malam berkualitas tinggi.

“Paling banyak dari Jakarta dan kami bisa mencukupi permintaan tersebut,” ujar Nasirudin.

Nasirudin sendiri memiliki lahan khusus sedap malam seluas 4 hektar, dan tersebar di beberapa titik di Desa Pekoren, tak jauh dari tempat tinggalnya. Untuk 1 hektar saja, jumlah bunga sedap malam sekali panen mencapai 14.000 batang, dan itupun akan kembali dipanen dalam 5 hari kemudian.

Baca Juga :   Begal Merajalela, Ini Kata Bupati Irsyad

Dengan banyaknya permintaan hingga mencapai ratusan ribu tersebut, dirinya bisa meraup keuntungan sebesar Rp 12 juta per hari.

“Pokoknya itu adalah keuntungan bersih setelah dikurangi ongkos petani, ongkos perjalanan atau pengangkutan dan pembelian pupuk,” jelasnya

Lebih lanjut Nasirudin menambahkan, permintaan sedap malam khusus Imlek hanya berlangsung 4 hari saja, yakni sejak 12 sampai 15 pebruari 2015 ini. Sedangkan di luar itu, permintaan dengan jumlah banyak terjadi pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kalau Imlek hotel-hotel biasanya meminta dikirimkan sedap malam pas mendekati Imlek saja, kalau yang lain berbeda jumlah yang dikirim,” imbuhnya. (eml/yog)