Langkah Mudah Bagi Pekebun Pemula Hidroponik (habis)

1540

hidroponik 2Pasuruan (wartabromo) – Bagi pemula berkebun hidroponik mungkin terasa susah. Namun tidak ada hal yang akan dicapai tanpa mau berusaha. Pemula yang ingin memulai berkebun hidroponik, begini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama, tenutkan tanaman apa yang akan anda tanam. Bisa sayuran , tanaman hias, ataupun buah-buahan, di antaranya selada, bayam, cabai, tomat, stroberi, terong, melon, semangka, kangkung, seledri, dan beragam jenis tanaman lainnya.

2. Langkah berikutnya, berapa banyak tanaman yang akan anda tanam tiap jenisnya.

3. Selanjutnya, perkirakan ukuran atau area yang akan dibutuhkan.  Misalnya, kombinasi 66 kubis & silverbeet dapat tumbuh di 5 pipa berukuran 4 inci (10,2 cm) bulat, dengan panjang  3 meter (9,8 kaki) dan lebar 2 meter (6,6 kaki). Dari situ dapat diketahui berapa ukuran atau areal yang dibutuhkan, yakni 6 meter (19,7 kaki) persegi.

Baca Juga :   'Pudjo ‘Bledug’ Basuki Ancaman Incumbent'

4. Setelah itu, tandai ukuran lubang pada pipa berukuran 4 inci (10,2 cm), dan buatlah lubang berukuran 4 inci (10,2 cm) untuk menjadi pot dan menjadi tempat tumbuh. Untuk 3-4 minggu pertama dengan kondisi iklim yang panas, kain atau jaring (net) sangat membantu jika digunakan.

5. Membuat nutrisi untuk tumbuhan dengan mencampur pupuk hidroponik dan air (atau gel air kristal) dengan ukuran rata-rata 20-24 CF dengan Ph akhir 5,5-6,5.

6. Kemudian, ambil biibit dari pot pembibitan dan bersihkan tanah yang menempel pada akar tumbuhan menggunakan air.

7. Lalu, tempatkan bibit yang sudah bersih tadi ke media tumbuh, baik itu bola tanah liat, rockwool, sabut perlite atau penyaluran NFT  ke dalam larutan hidroponik.

Baca Juga :   Panitia Ujian Nasional Pasuruan Dikukuhkan Bupati

8. Hati-hati mengontrol keseimbangan kimia nutrisi air (cek setiap hari). Caranya dengan menambahkan air, karena sebagian air mengalami penguapan.

9. Perhatikan  pertumbuhan sekitar 12-18 minggu. Jaga agar terhindar dari hama dan periksa apakah akar mengalami  pembusukan (pastikan akar tidak berlendir, berubah menjadi cokelat dan mati).10. Panen bila saatnya telah tiba.

11. Setelah panen selesai, jangan lupa untuk menyiram seluruh sistem peroksida untuk membunuh bakteri dan jamur.

Selamat mencoba !  (tabloid wartabromo/fyd)