Pawai Sarungan Meriahkan Hari Santri Pasuruan

246

apel hari santri 2Pasuruan (wartabromo) – Hari Santri Nasional 2015 disambut antusias di berbagai daerah. Di Kabupaten Pasuruan ratusan santri menggelar pawai sebelum mengikuti apel, Kamis (22/10/2015).

Tidak kurang dari 500 santriwan dan santriwati perwakilan dari pon.dok pesantren yang ada di Kabupaten Pasuruan melakukan pawai sarungan dari Masjid Jami’ Al-Anwar ke Pendopo Ngawiji Ngesti Wenganing Gusti. Selain santri pawai juga diikuti sejumlah pejabat pemerintah.

Para anggota Forpinda, kiai, tokoh masyarakat dan organisai kepemudaan GP Ansor juga turut serta dalam pawai tersebut.

Setelah pawai, kemudian dilanjutkan dengan apel yang dipimpin Bupati Irsyad Yusuf. Dalam apel tersebut dipaparkan sejarah perjuangan kaum santri dalam perang kemerdekaan 1945, lahirnya Resolusi Jihad 22 Oktober.

“Kalangan santri yang punya peran besar dalam perjuangan kemerdekaan ditandai dengan Resolusi Jidad tanggal 22 Oktober 1945 harus kembali bangkit sebagai pejuang pembangunan bangsa,” kata Irsyad Yusuf.

Setelah apel, acara dilanjutkan dengan selamatan di pendopo dimana semua yang datang makan bersama ala santri dengan talam. Menu makanan juga diselaraskan dengan menu para santri dengan lauk-pauk sederhana. (fyd/fyd)