100 Hektar Hutan Gunung Penanggungan Terbakar

0
285
Seorang pendaki meyaksikan pemandangan dari puncak Gunung Penanggungan. Dari puncak gunung berketinggian 1.653 mdpl itu, Pegunungan Arjuno-Ringgit-Welirang dan Pegunungan Bromo-Semeru tampak seperti benteng kokoh yang melindungi kota-kota di dalamnya, termasuk Kabupaten Pasuruan./WARTABROMO/Gesang A Subagyo

Gempol (wartabromo) – Kebakaran Gunung Penanggungan yang terjadi sejak Sabtu (24/10) hingga Minggu siang belum padam. Diperkirakan 50-100 hektar lahan hutan sudah jadi arang.

“Kita masih konsentrasi pemadaman, jadi tidak bisa menghitung secara pasti. Namun diperkirakan 50-100 hektar lahan sudah terbakar,” kata Sekretaris Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Lestari, Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Khoirul Anam, via telepon, Minggu (25/10/2015), siang.

Menurut Khoirul, kebakaran hebat tersebut bermula dari lereng gunung yang masuk wilayah Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto kemudian karena angin kencang dengan cepat merambat ke wilayah Gempol, Kabupaten Pasuruan. Api kemudian menjalar ke puncak gunung yang dikenal dengan nama Pawitra ini.

“Vegetasi yang terbakar berupa tanaman perdu berukuran 3-4 meter dan semak-semak,” kata Khoirul.

Khoirul mengatakan pemadaman dilakukan dengan cara manual dengan sistem gebyok memakai ranting dan dahan pohon. Meski demikian sangat banyak lokasi yang susah dijangkau karena medannya sulit. (fyd/fyd)