Aksi Walkout Tim IYA dan BERHASIL Warnai Rekapitulasi KPU Kota Pasuruan

486

Pasuruan (wartabromo) – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara KPU Kota Pasuruan diwarnai aksi walkout dari saksi paslon Iya dan Berhasil. Saksi paslon Berhasil mengajukan beberapa hal yang menjadi keberatannya. Diantaranya ialah adanya indikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda, form C1 yang tidak berhologram, dan tidak adanya transparansi.Hal ini disampaikan Istijab, saksi paslon Berhasil yang mengatakan, “kami melihat indikasi kecurangan di 30 TPS yang tersebar di seluruh Kota Pasuruan.”

Istijab menambahkan, terkait indikasi kecurangan yang dimaksud, pihaknya menuntut adanya transparansi dan penghitungan ulang di sejumlah TPS.

“Kami hanya menuntut sampling 20 persen dari 30 TPS yang kami duga bermasalah,” ujar Istijab.

Namun demikian, Fuad Fathoni, Ketua KPU Kota Pasuruan mengatakan, “rapat pleno akan tetap berlangsung, apabila terdapat keberatan dari saksi paslon, bisa disampaikan dalam form DP2,” kata Fuad dalam memimpin rapat pleno.

Tidak terima dengan keputusan forum, Istijab melakukan aksi walkout. Hal itu kemudian disusul saksi paslon Iya yang juga melakukan aksi walkout.

“Keberatan kita ditolak, ya lebih baik walkout saja. Toh kami sudah punya bukti terkait keberatan yang kami sampaikan,” kata Suratman, saksi paslon Berhasil yang lain.

Hal serupa juga disampaikan Masduki, saksi paslon Iya. Ia membenarkan keberatan yang telah disampaikan paslon Berhasil. “Kami juga ada bukti-bukti, karena keberatan tidak diakomodir dalam forum, kami juga walkout,” jelas Masduki. (bus/fyd)