Jamaah Haul Kyai Hamid Silakan Menginap di Pendopo dan Gradika

277

IMG_20151220_131321-800x554Pasuruan (wartabromo) – Jamaah haul ke-34 KH Abdul Hamid yang datang dari luar kota tak perlu bingung mencari tempat menginap. Jamaah bisa menginap di Pendopo Kabupaten Pasuruan atau rumah dinas Wali Kota Pasuruan.

Kebiasaan menyambut jamaah haul dengan cara menyediakan tempat menginap sudah menjadi tradisi di Pendopo Kabupaten Pasuruan sejak eranya Bupati Jusbakir dan diteruskan hingga saat ini.

Selain tempat menginap jamaah juga mendapatkan konsumsi dari pihak rumah tangga rumah dinas.

Karena sudah berlangsung setiap tahun, banyak jamaah luar kota yang langsung menuju pendopo begitu tiba di Pasuruan. Seperti halnya Rodiah, jamaah asal Probolinggo yang setiap tahun datang saat haul.

“Saya santrinya Mbah Hamid. Setiap tahun selalu datang,” ujarnya, Minggu (20/12/2015) siang.

Selain Rodiah, puluhan jamaah sudah tampak beristirahat di pendopo. Lokasi istirahat dibedakan antara jamaah pria dan perempuan.

Samsul Hadi, salah seorang anggota Satpol PP yang berdinas di pendopo mengatakan, puncak kedatangan jamaah biasanya pada sore dam malam hari. Pendopo kabupaten bisa menampung hingga 1.500 jamaah.

“Tahun lalu jumlahnya sekitar 1.500, tahun ini bisa tambah bisa kurang. Yang pasti konsumsi berupa nasi bungkus sudah disiapkan,” kata Saiful.

Selain pendopo kabupaten, jamaah juga bisa menginap di Gradika, rumah dinas Wali Kota Pasuruan. Di tempat ini jamaah juga bisa menginap dan mendapat konsumsi. Gradika juga setiap tahun menjadi jujugan jamaah haul untuk menginap. (fyd/fyd)