Haul Mbah Hamid Pasuruan, Jl KH Wahid Hasyim Jadi Pasar Tumpah

404

IMG_20151220_125046-650x450Pasuruan (wartabromo) – Haul ke-34 KH Abdul Hamid bin Abdulloh Umar, menjadi berkah rakyat kecil, terutama pegagang. Ratusan pedagang sudah berdatangan ke lokasi haul.

Haul Kyai Hamid atau yang lazim dipanggil Mbah Hamid biasanya diikuti ratusan ribu jamaah yang datang dari penjuru Indonesia. Banyaknya jamaah yang datang dimanfaatkan para pedagang untuk mengais rejeki.

Pantauan wartabromo.com, Minggu (20/12/2015) siang, para pedagang lebih banyak mengincar Jl Wahid Hasyim dimana lokasi tersebut jadi salah satu pusat berkumpulnya jamaah.

Ratusan pedagang tampak sibuk menyiapkan dagangannya. Ada beberapa yang sudah siap melayani pembeli dan lainnya sudah dikerumuni pembeli.

Jalan yang dipenuhi pertokoaan yang pada hari normal steril dari lapak pedagang tersebut mendadak jadi pasar tumpah.

Semuanya ada, mulai dari penjual aneka minuman, berjenis-jenis makanan, pelbagai jajanan, hiasan, pernak-pernik, aneka peralatan sholat bahkan panganan khas daerah lain seperti kerak telur hingga para pedagang terompet tahun baru mengaduh peruntungan di lokasi ini.

“Semoga dengan banyaknya yang datang terompet saya laris,” ujar Usman (32), pedagang terompet asal Lamongan.

Selain di Jl KH Wahid Hasyim, puluhan pedagang juga memilih lokasi-lokasi lain yang jadi pusat berkumpulnya jamaah di sekitaran alun-alun.

Haul Mbah Hamid, benar-benar menjadi berkah bagi ratusan pedagang. (fyd/fyd)