Gunung Bromo Keluarkan Sinar Api

396
Penampakan Gunung Bromo dari Dingklik, Tosari, Pasuruan, Rabu (23/12/2015). Gunung Bromo terlihat sangat indah dengan semburan asap membubung tinggi mencapai 900 meter di atas permukaan kawah (mdpk). WARTABROMO/Gesang A Subagyo

Sukapura (wartabromo) – Gunung Bromo terus menunjukkan perkembangan aktivitas yang fluktuatif. Pihak PVMBG pos Gunung Bromo, menyatakan sampai saat ini, Kamis (24/12/2015), belum ada lava yang disemburkan.

“Memang ada sinar api atau glowing yang muncul sekitar satu jam, bukan lava pijar. Itupun samar-samar dan tidak terus menerus,” kata Ahmad Subhan, Kepala PVMBG Pos Gunung Bromo.

Kata Subhan, kabar yang menyebut Gunung Bromo mengeluarkan lava pijar tidak benar. Sejauh ini, Gunung Bromo hanya menyemburkan abu vulkanis dan sinar api (glowing). Dari rekaman cctv yang dipasang pos pantau, PVMBG tidak mendapati rekaman lava pijar yang mengalir.

“Glowing itu tidak bisa dilihat secara kasat mata. Hanya bisa ditangkap dengan menggunakan kamera DLSR. Hal yang sama dengan juga pernah muncul pada 2010 lalu,” ujarnya. Subhan melanjutkan, glowing berasal dari aktivitas magma Gunung Bromo yang mendekati permukaan.

Saat ini status gunung masih pada level III atau siaga. Semburan abu vulkanik mencapai 900 mdpk atau 2929 mdpl yang mengarah ke timur dan tenggara.

Gunung Bromo sangat aman dikunjungi pada radius 2,5 kilometer. (saw/fyd)