Sisi Lain Bromo, Pedukuhan Adat Tengger Seruni yang Eksotis

1553
Foto: Sundari A W (wartabromo)

Sukapura (wartabromo) – Kawasan wisata Bromo memang indah dan tetap mempesona meski sedang erupsi. Salah satu spot yang dapat dinikmati saat Bromo erupsi adalah Pedukuhan Seruni di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Destinasi ini berada di luar wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan tanpa melalui pintu tiket resmi di Cemoro Lawang. Sehingga wisatawan tidak harus membayar tiket masuk.

Apa yang ditawarkan Pedukuhan Seruni untuk wisatawan?

Di tempat ini wisatawan tak hanya menikmati pemandangan Gunung Bromo, tapi wisatawan bisa menikmati keindahan lain di sekitar Gunung Bromo. Seperti melihat dari dekat gedung rumah adat Tengger, makanan khas Nasi Aron, kue tradisional kucur dan pasung serta kesenian Jathilan Tengger. Lalu, wisatawan juga bisa menikmati hamparan laut pasir, pasir berbisik, bukit teletubies hingga Seruni Poin.

Baca Juga :   Buummm!!! Dua Truk Mercon Diledakkan

IMG_20160103_114036-650x450Menuju Pedukuhan Seruni, wisatawan bisa menyewa mobil jip, naik kuda, naik ojek, bisa juga menggunakan kendaraan pribadi. Namun, yang lebih afdol tentunya dengan berjalan kaki. Karena, wisatawan dapat menikmati setiap keunikan yang ditemukan disini tanpa terburu-buru.

“Suasananya sangat asri. Saya bisa menikmati hijaunya hutan cemara dan kehidupan warga desa. Bau belerang dan abu tidak begitu terasa disini. Mungkin karena, posisinya yang berada di utara Bromo,” ujar salah satu wisatawan Zaenal Arifin, Minggu (3/1/2016).

Kepala Desa Ngadisari Sri Wahayu menjelaskan di Dukuh Seruni, wisatawan juga dapat menikmati agrowisata di dukuh yang dihuni oleh 15 KK tersebut.

“Wisatawan juga dapat menikmati masakah khas Tengger dan gedung rumah adat Tengger. Di samping itu kebudayaan seperti upacara keagamaan dan lain sebagainya,” jelasnya.

Baca Juga :   Ribuan Warga Probolinggo Pesta Warna - Warni

Selain itu, wisatawan dapat menikmati keindahan pesona Bromo dari Penanjakan Dua atau yang biasa dikenal dengan sebutan Seruni Poin. Di samping dapat melihat hamparan pasir, wisatawan juga dapat melihat kawah gunung Bromo. Dari Seruni Poin ini, kawah Bromo dan kepulan asapnya seperti terlihat dari atas. Wisatawan juga dapat melihat keindahan gunung Semeru secara bersamaan.

“Kami berharap wisatawan betah dan tinggal berlama-lama sambil menikmati keindahan alam, agrowisata dan seni budaya di Dukuh Seruni Desa Ngadisari ini,” kata istri tokoh adat Tengger Supoyo ini, dengan penuh harap. (saw/fyd)