Habis Masa Berlakunya, KTP-el Tak Perlu Diperpanjang

1195

IMG-20160129-WA0061-650x1000Pasuruan (wartabromo) – Kabar gembira bagi anda yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) untuk tidak melakukan perpanjangan apabila masa berlakunya habis. Pasalnya, Kementrian dalam Negeri telah memutuskan jika semua KTP – el berlaku seumur hidup.

Keputusan ini dituangkan dalam Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri tertanggal 29 Januari 2016 nomer 470/279/SJ dan ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo.

Ada tiga point penting dalam surat edaran tersebut antara lain KTP elektronik yang sudah dikeluarkan mulai tahun 2011 dan sudah habis masa berlakunya tidak perlu dilakukan perpanjangan lagi lantaran sudah berlaku seumur hidup.

Kementerian dalam negeri juga meminta agar para menteri dan lembaga non kementerian untuk berkoordinasi dan menugaskan unit dibawahnya mematuhi ketentuan tersebut.

Baca Juga :   Hampir Sebulan Tak Ada Kejelasan, Ratusan Buruh Demo Hotel Tretes Raya

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasuruan, Sunyono mengatakan pihaknya telah siap menjalankan intruksi terkait surat edaran tersebut.

“Kita siap. KTP-el telah berlaku seumur hidup, ” katanya.

Untuk diketahui, dalam e-KTP yang terbaru dan dikeluarkan oleh Dispendukcapil saat ini sudah ada masa berlaku yang tertulis seumur hidup. (yog/yog)