Harga Bahan Pangan di Pasuruan Stabil

875
Foto ilustrasi: Gesang A Subagyo (wartabromo)

Pasuruan (wartabromo) – Harga sejumlah kebutuhan bahan pangan di pasar-pasar tradisional Pasuruan, stabil. Kondisi tersebut lantaran pasokan bahan-bahan pangan, bisa terpenuhi dari desa-desa di sekitar pasar.

“Semua kebutuhan bahan pangan stabil, karena pasokan cukup. Jika ada pergeseran sedikit, seperti beras yang selisih Rp 100 hingga Rp 200, adalah hal yang wajar,”  terang Edy Suwanto, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan, Kamis (3/3/2016).

Edy member contoh harga beras kualitas medium Rp 9.500 hingga Rp 9.800/kg. Sedangkan harga telor, antara Rp 22.000 hingga Rp 23.000/kg. Selain beras dan telor, daging sapi dan ayam juga stabil. Harga daging sapi bergerak dikisaran Rp 100.000/kg atau antara Rp 98.000 hingga Rp 100.000.

Baca Juga :   Wuih! Pemuda Sukapura Nekat Pasang Bendera di Atas Jurang

“Harga daging sapi di atas Rp 100.000, karena pembelinya minta yang istimewa. Seperti minta dilayani bagian lulur saja, harganya bisa Rp 110.000,” imbuh Edy.

Menurut Edy, stabilnya harga kebutuhan bahan pangan pokok di Pasuruan, lantaran pasokan bisa dipenuhi dari desa-desa di sekitarnya.

“Seperti daging ayam maupun daging sapi dan telor, kebutuhannya bisa dipasok dari peternak di kecamatan itu sendiri. Seperti daging sapi untuk Pasar Gempol, Nongkojajar, Pandaan dan lainnya, bisa dipenuhi dari pasokan desa-desa di Kecamatan Sukorejo, Purwosari, Purwodadi dan lainnya,” urai Edy.

Kata Edy, bahan pangan dari hasil pertanian seperti beras dan jagung dipastikan tidak kekurangan. (hrj/fyd)