“Cak Rohman Tuna Netra yang Diberi Kecerdasan Menghafal”

0
154

hafidz tuna netraGondangwetan (wartabromo) – Rohman sang hafidz kini juga dipercaya penduduk desa setempat untung mengisi khataman Al-Qur’an di rumah-rumah mereka. Ia mengaku senang ilmunya bisa bermanfaat. Meski bukan utama, ia mengaku senang mendapat penghasilan dari undangan-undangan tersebut. Uang yang dihasilkan dari khataman maupun undangan lain biasanya dibagi untuk diberikan kepada orang tuanya dan keperluan sehari-hari di Panti Asuhan.

Selain Al-Qur’an, Rohman ternyata juga memiliki bakat seni. Hal itu ditunjukkan, ia sangat mudah menghafal lagu-lagu yang didengarnya dan melantunkannya dengan merdu. Rohman, kata dia, juga mampu memainkan alat musik seperti terbang dan organ. Semua itu ia pelajari secara autodidak.

Luluk Mahmudah, ustadza sekalikus putri pengasuh panti, Machmud Balchin, mengakui Rohman memiliki kecerdasan luar biasa. Sehingga membuatnya dengan cepat dan mudah mengingat apapun yang didengarnya.

“Subhanallah, mungkin karena tidak memiliki dosa, Cak Rohman tuna netra yang diberi kecerdasan luar biasa. Saya hanya berharap dia bisa memiliki masa depan yang cerah karena terus terang kami tidak bisa melakukan lebih banyak lagi, terutama menyekolahkannya ke lembaga pendidikan formal,” ujar Luluk.

Karena diberi anugerah daya ingat yang kuat, Rohman juga tidak merasa kesulitan mengenal seorang. Ia tahu dan hafal semua orang di lingkungannya dari suaranya. Selain itu Rohman juga mampu mengingat suara seseorang yang lama tidak berjumpa dengannya. (fyd/fyd)