Jelang Mudik Lebaran, Perbaikan Jalur Probolinggo – Lumajang Dikebut

1386
Alat berat melakukan penebalan jalan lintas selatan, di Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Foto: Sundari/wartabromo.com.

Leces (wartabromo) – Menjelang mudik lebaran, sejumlah jalur utama diperbaiki. Salah satunya adalah ruas jalur selatan, Probolinggo – Lumajang. Perbaikan berupa penebalan jalan ini, ditargetkan rampung dalam dua pekan. Sehingga bisa digunakan saat mudik lebaran nanti.

Pantauan di ruas jalan Dusun Tigasan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Selasa (24/6/2016) sepanjang 400 meter jalan dilakukan penebalan setinggi 11 sentimeter. Sebelumnya, ruas jalan ini memang rusak dan bergelombang, mulai dari utara Jembatan Tigasan, hingga ke selatan jembatan eks pabrik leces tersebut.

Pejabat pembuat komitmen (PPK) SKPD PU Provinsi, Ilham mengatakan, pengerjaan ini sepaket dengan perbaikan berkala sepanjang total 3,5 kilometer. Khusus untuk ruas jalan selatan, dari Probolinggo hingga Lumajang.

Baca Juga :   DPD Nasdem Kabupaten Pasuruan Target 8 Kursi DPRD

“Sampai ke wilayah Turen, pabrik pindad Malang,” katanya, ditemui di lokasi perbaikan.

Ruas jalur selatan ini, memang sudah waktunya untuk diperbaiki. Tiap tahun, dikatakan Ilham memang menjadi agenda rutin. Selain sebagai persiapan arus mudik lebaran tahun ini. Kerusakan pada ruas selatan ini, disebabkan oleh truk bertonase berat, pengangkut pasir dari Lumajang. Sehingga jalan harus di perbaiki secara berkala.

“Untuk pengerjaan saat ini, masih menyasar ruas bagian timur. Selanjutnya pada ruas barat. Target kami, Kamis besok sudah rampung,” sebutnya.

Sementara itu, warga setempat, Soleh menyebut, ruas jalan depan rumahnya yang tengah diperbaiki, kerap meminta korban. Kondisinya yang tidak rata, kerap membuat pengendara tergesa.

Baca Juga :   Anggaran KPU Kabupaten Pasuruan Terancam Menyusut

“Mesti saat menyalip kendaraan yang berjalan pelan karena jalan tidak rata. Sedangkan pengendara motor, tidak sabaran, berusaha mendahului, tapi tidak tahu jika dari arah berlawanan ada kendaraan lain,” paparnya.

Dengan adanya perbaikan ini, selaku warga ia berharap kecelakaan semacam itu dapat berkurang. Sebab kondisi jalan relatif rata dan tidak ada lagi kendaraan yang melambat.

Perbaikan tersebut, sempat memacetkan arus lalu lintas. Baik dari arah Lumajang ke Probolinggo, maupun sebaliknya. Ikrom (29), salah satu sopir mobil barang mengeluh, karena perbaikan ini, ia terjebak macet.

“Tapi senang juga, karena setelah ini arus lalu lintas ke Lumajang bakal lancar,” ujar pengusaha ekspedisi ini. (saw/fyd)