Putri Pengrajin Sulam Pita Wakili Pasuruan di Ajang Forum Pelajar Indonesia

1115

Pandaan (wartabromo) – Hati orang tua mana yang tak bangga saat anaknya terpilih sebagai salah satu dari ribuan anak yang lolos untuk mewakili Propinsi Jawa Timur dalam ajang Forum Pelajar Indonesia (FOR) ke-8 di Jakarta.

Begitulah yang dirasakan oleh Trisakti Candra Dewi setelah putrinya bernama Alinda Putri yang tercatat sebagai pelajar SMAN 1 Pandaan menjadi satu-satunya delegasi dari Kabupaten Pasuruan yang akan mewakili provinsi Jawa Timur bersama 7 pelajar dari Kabupaten lainnya yaitu Malang, Surabaya, Banyuwangi, dan Jombang.

Trisakti Candra Dewi merupakan seorang pengrajin sulam pita yang dikenal kreatif dan sedang berusaha keras memperkenalkan dan memasarkan hasil karya produk kreatif Pasuruan bersama Himpunan Asosiasi UKM/IKM Kabupaten Pasuruan. Kegigihan serta tangan kreatifnya ternyata menular ke putrinya yang kini masih duduk di bangku SMA, meski kreatifitasnya dibedakan oleh perkembangan zaman.

Baca Juga :   Warga Madura di Probolinggo Pilih Perahu Untuk Mudik

“Satu – satunya delegasi dari Kabupaten Pasuruan adalah anak saya, ” kata Candra, sapaan akrabnya dengan sumringah.

IMG-20160720-WA0037
Alinda Putri, Pelajar SMA Pandaan yang akan didelegasikan mewakili Kabupaten Pasuruan dalam ajang Forum Pelajar Indonesia ke – 8 di TMII Jakarta. (Istimewa/wartabromo)

Dirinya menuturkan, anaknya tersebut lolos melalui seleksi setelah membuat video kreatif berdurasi maksimal 3 menit dan menulis essay bertema ‘Karya Pelajar Untuk Indonesia’.

Untuk diketahui, Forum Pelajar Indonesia adalah forum tahunan yang melibatkan 200-250 pelajar tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia yang mempunyai kapasitas dan integritas.

Forum ini membuka kesempatan bagi pelajar untuk bertemu dengan para pemegang kebijakan dari berbagai pihak untuk menyampaikan usulan kebijakan yang mendukung kemajuan pelajar di Indonesia.

Tujuannya agar pelajar memahami hak dan kewajiban sebagai pelajar sehingga menjadi agen perubahan dan duta promosi berbagai kebijakan dalam berbagai bentuk kegiatan positif di daerah masing-masing.

Baca Juga :   Berbagi Ilmu dan Lawan Berita Hoax, Warmo Gelar Klinik Jurnalistik Intensif Angkatan Pertama

Program ini diselenggarakan oleh Indonesia Student Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan pemerintah, private sector, berbagai organisasi masyarakat sipil dan media.

Forum ini akan diselenggarakan pada tanggal 9-13 Agustus 2016 di Jakarta yang berpusat di Taman Mini Indonesia Indah. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan antara lain Kunjungan ke Lembaga Negara seperti DPR, Kementerian, Lembaga Tinggi Negara; Meet The CEO; Meet The Leader; Corporate Visit; Focus Group Discussion; Cultural Performance; Kegiatan Sosial dan sebagainya.

“Nanti biar bawa camilan khas Pasuruan untuk dibawa ke sana dan tukar dengan delegasi dari provinsi lain, ” pungkas Candra berseloroh. (*/yog)